Emil Dardak: Pendidikan Tak Menjamin Anak Muda Dapat Kerja

Lalu, apa kebijakan yang ditawarkan kepada pemuda di Jawa Timur?

Surabaya, IDN Times - Pasangan Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti mendapatkan pertanyaan tentang bonus demografi di mana pada tahun 2020-2030 ada kenaikan usia produktif hingga 70 persen. Ini berkaitan dengan kebangkitan ekonomi di Indonesia. Di Jawa Timur, tercatat ada 8,88 persen pengangguran berijazah SMA/SMK.

1. Emil mengatakan Millenial Job Center adalah solusi untuk memanfaatkan bonus demografi

Emil Dardak: Pendidikan Tak Menjamin Anak Muda Dapat KerjaDok. IDN Times/Istimewa

Untuk memanfaatkan bonus demografi tersebut, cawagub nomor urut satu menawarkan Millenial Job Center sebagai solusi pengurangan pengangguran. "Pendidikan tidak menjamin dapat kerja, apalagi tak bekerja," kata Emil.

Dengan Millenial Job Center, menurut Emil, pihaknya akan memudahkan anak-anak muda untuk membangun usaha tanpa harus memiliki kantor sendiri. Salah satu aspek Millenial Job Center adalah pemanfaatan teknologi. 

2. Gus Ipul menegaskan pendidikan adalah jalan keluar yang penting

Emil Dardak: Pendidikan Tak Menjamin Anak Muda Dapat KerjaDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Gus Ipul mengatakan bahwa SMK harus mendapatkan prioritas. "Kata kuncinya adalah pendidikan, dan pendidikan di sini yang diandalkan adalah SMK. Untuk SMK kita harus perbaiki kualitasnya. Sejak diserahkan ke Pemprov, hanya 40 persen yang berakreditasi A. Bahkan ada yang belum terakreditasi. Jadi harus diperbaiki," tegasnya.

Salah satu yang ia andalkan adalah SMK Mini yang mendekatkan siswa SMK dengan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. "Tak hanya disalurkan sebagai tenaga kerja, tapi juga punya jiwa kewirausahaan, pengembangan start-up serta sentra bisnis lainnya."

3. SMK, salah satunya bidang pariwisata, harus dikembangkan

Emil Dardak: Pendidikan Tak Menjamin Anak Muda Dapat KerjaANTARA FOTO/Didik Suhartono

Menambahkan komentar Emil, Khofifah menegaskan SMK tak hanya sekadar harus terakreditasi A, tapi harus ada yang ditonjolkan. Ia menilai,"Ketika ingin devisa cepat didapat, sektor wisata harus dikembangkan. SMK yang punya basis wisata yang bagus harus dikuatkan. Misalnya, perhotelan."

4. Gus Ipul menegaskan pentingnya masyarakat memahami era digital

Emil Dardak: Pendidikan Tak Menjamin Anak Muda Dapat KerjaDok. IDN Times/Istimewa

Gus Ipul menyebutkan bahwa penting ada agenda yang fokus membangun infrastruktur di mana internet hadir di setiap desa. "Masyarakat kita ajak memahami era digital, salah satunya literasi digital. Kita harus menciptakan iklim agar mereka memahami apa itu era digital."

Ia melanjutkan,"Agar bisa memanfaatkan semua kesempatan, ada Seribu Dewi (seribu desa wisata) di mana bisa mendorong anak-anak muda ikut serta dan menciptakan lapangan kerja. Misalnya, desa wisata di Banyuwangi dan Pujon."

"Di sana yang bergerak di sana umumnya adalah anak-anak muda, penuh kreativitas. Mereka tak hanya mencari kerja, tapi juga menciptakan lapangan kerja," tambah Gus Ipul.

Baca juga: Debat Pilkada Jatim, Ini Solusi Penyediaan Lapangan Kerja dari Khofifah-Emil

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya