Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?

Sandiaga mengaku tak tahu orang tersebut

Pada Sabtu (8/4), tokoh Kalijodo yang bernama Abdul Azis atau yang dikenal dengan nama Daeng Azis menyempatkan diri untuk datang ke kampanye pasangan calon gubernur Anies Baswedan di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tak hanya pernah memiliki bisnis di kawasan Kalijodo lama, Azis juga adalah mantan narapidana kasus pencurian listrik di lokasi yang sama. Ia mendapat hukuman penjara 10 tahun.

Azis mengaku mendukung penuh pasangan Anies-Sandiaga.

Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?Andri Donnal Putra/Kompas

Ditanya wartawan mengenai kedatangannya tersebut, Azis menjawab bahwa ia memang mendukung pasangan nomor urut 3 tersebut. "Saya dukung Anies-Sandiaga seratus persen," ujarnya. Beberapa relawan dan pendukung Anies-Sandiaga yang memakai seragam Partai Bulan Bintang (PBB) terlihat mengenal siapa sosok Azis.

Itu terbukti dari bagaimana para pendukung memperlakukannya. Awalnya, Azis duduk di belakang pendukung Anies-Sandiaga. Kemudian, mereka meminta Azis untuk pindah ke barisan depan, tepat di hadapan Anies yang sedang di atas panggung. Sepanjang orasi Anies sendiri tak menyebut nama Azis sama sekali. Namun, saat berfoto, para pendukung mengajak Azis untuk ikut serta.

Baca Juga: Jadi, Benarkah Ahok Sudah Memecah Persatuan Indonesia dan Menghina Umat Islam di Dunia?

Mantan tokoh Kalijodo itu menganggap pasangan Anies-Sandiaga adalah pemimpin yang mengayomi dan mendidik.

Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?Andri Donnal Putra/Kompas

Perihal alasannya mendukung pasangan nomor urut 3 Anies-Sandiaga, Azis mengatakan bahwa kedua sosok itu adalah pemimpin yang menunjukkan sikap-sikap positif. "Kita harus memilih pemimpin yang memiliki integritas yang mengayomi, yang mendidik, inilah Pak Anies. Sepenuhnya mendukung Anies-Sandi," tegas Azis.

Baik Anies maupun Sandiaga mengaku tak mengetahui Azis.

Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?Oky Lukmansyah/ANTARA FOTO

Walau para pendukung dan relawan sepertinya tahu siapa Azis, tapi tidak demikian dengan Anies dan Sandiaga. Keduanya sama-sama mengaku tidak mengetahuinya. Anies bahkan berkata baru tahu dari wartawan jika seorang mantan tokoh Kalijodo datang ke kampanyenya dan mendukung ia serta Sandiaga.

"Saya malah gak tahu. Saya baru tahu dari Anda," ujar Anies. Sandiaga sendiri malah terang-terangan mempertanyakan siapa itu Daeng Azis yang dipersoalkan oleh orang-orang. "Saya gak ada tanggapan secara spesifik. Daeng Azis itu siapa, ya?" tanya Sandiaga. Ketika wartawan memberitahunya, Sandiaga menjawab bahwa setiap orang berhak memberikan dukungan.

Ahok pun berkomentar mengenai dukungan Azis kepada Anies-Sandiaga.

Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Mendengar kedatangan Azis ke kampanye Anies-Sandiaga, calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun memberikan komentarnya. Menurutnya, dukungan tersebut dilatarbelakangi perasaan dendam karena ia menghancurkan bisnis Azis di Kalijodo.

Sebelum kawasan itu menjadi seperti saat ini, Azis memiliki sejumlah kafe di sana. Tak hanya itu, Ahok juga mengaku menggusur beberapa bangunan semi-permanen milik Azis di seberang Kalijodo. "Itu aku bongkar di bawah kolong tol. Aku bongkar lagi," kata Ahok.

Baca Juga: Dinilai Sosok Penuh Kasih, Kumpulan Pendeta Dukung Anies-Sandiaga

Topik:

Berita Terkini Lainnya