Di-bully di Media Sosial, Afi Mengaku Depresi

Ia juga sempat berpikir untuk bunuh diri.

Asa Firda Inayah atau yang dikenal dengan nama Afi mengaku merasa depresi dan sempat ingin bunuh diri setelah di-bully oleh netizen di media sosial. Mereka geram karena menilai remaja asal Banyuwangi itu melakukan plagiarisme dalam tulisan-tulisan yang membuatnya terkenal.

Hujatan kepadanya belum berhenti, meski ia sudah minta maaf.

Di-bully di Media Sosial, Afi Mengaku DepresiMunarsih Sahana/VOA Indonesia

Afi berujar bahwa ia mendapat hujatan dari banyak netizen yang tak dikenalnya baik melalui Instagram, Facebook, atau pesan di nomor telepon genggam pribadinya. Ia mengaku posisinya saat ini cukup sulit. Bahkan, ia mengaku depresi dan sempat ingin bunuh diri.

Afi juga dijauhi oleh orang-orang yang dulu sering bergaul dengannya, seperti teman-teman dan gurunya. Walau sudah meminta maaf dan mengakui bahwa ia melakukan plagiat di salah satu tulisannya, hujatan tetap saja ada.

"Saat tudingan itu muncul, saya masih di Jakarta. Saya menangis sendirian di kamar hotel. Saya depresi dan sempat berpikir bunuh diri. Saya ingin bilang siapapun yang mau menggantikan posisi saya saat ini, silakan gantikan, termasuk apa yang saya dapatkan sekarang silakan ambil. Di-bully orang se-Indonesia itu tidak mudah. Saya juga kehilangan banyak teman dan guru saya," ungkap Afi, seperti dikutip dari Kompas.

Baca juga: Akhirnya, Afi Nihaya Unggah Permintaan Maaf Atas Tuduhan Plagiat

Afi ingin fokus mempersiapkan kuliah dan tetap menulis.

Di-bully di Media Sosial, Afi Mengaku DepresiDyah Ayu Pitaloka/Rappler Indonesia

Dengan persoalan yang ia hadapi saat ini, Afi mengaku ingin lebih menenangkan diri dan memfokuskan energi untuk persiapan kuliah. Undangan untuk menjadi pembicara untuk sementara waktu harus ditolak. Meski demikian, ia tak ingin apa yang menimpanya membuatnya berhenti menulis sebab itulah yang ia sukai.

Afi dituduh melakukan plagiat dari tulisan orang lain.

Di-bully di Media Sosial, Afi Mengaku Depresigoodreads.com

Pada 12 Juni lalu Afi mengunggah pernyataan maafnya di Facebook. Ia mengaku mengutip tulisan Mita Handayani dalam tulisannya yang berjudul "Belas Kasih dalam Agama Kita". Afi sendiri mengaku mengenal Mita sejak lama dan masih berhubungan baik.

Selain tulisan Mita, setidaknya ada dua tulisan lagi yang diduga plagiat. Pertama, tulisan berjudul Agama Facebook yang diunggah pada 28 November 2016. Kemudian, yang kedua adalah tulisan berjudul Puisi Pernahkah Kau yang diunggah pada 7 Maret 2017.

Baca juga: Inilah "Warisan" Tulisan Afi Nihaya yang Menentramkan Hati

Topik:

Berita Terkini Lainnya