Benarkah Ibu Negara Mendapat Kalung Berlian dari Raja Salman?

Jokowi yang memberikan cinderamata kepada Raja Salman

Sempat beredar rumor bahwa Raja Salman bin Abdulaziz memberikan cinderamata berupa kalung berlian kepada ibu negara, Iriana Joko Widodo. Pada Senin (6/3), Sekretaris Kabinet Pramono Anung membantah kabar tersebut.

Pramono mengatakan Raja Salman tak memberikan cinderamata apapun kepada Presiden Jokowi maupun Ibu Negara Iriana.

Benarkah Ibu Negara Mendapat Kalung Berlian dari Raja Salman?Biropers-Setpres/ANTARA FOTO

Di Kompleks Istana, Jakara Pusat, Pramono Anung menegaskan bahwa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tak menerima cinderamata dalam bentuk apapun dari raja Arab Saudi tersebut. "Cinderamata tidak ada," ungkap Pramono.

Ia sendiri mengaku sudah mendengar rumor tersebut di media sosial sejak kedatangan Raja Salman pada 1 Maret lalu. Politisi veteran dari PDI Perjuangan itu menyatakan tak pernah menyaksikan maupun mendengar perihal agenda bertukar cinderamata antar dua kepala negara itu. Pramono menambahkan bahwa keluarga Jokowi tak terbiasa menerima hadiah apapun dari pihak lain.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Fakta Kedatangan Raja Salman Ini Siap Bikin Kamu Melongo!

Iriana pernah menolak pemberian dompet seharga Rp 200.000.

Benarkah Ibu Negara Mendapat Kalung Berlian dari Raja Salman?Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO

Iriana Joko Widodo pernah menjadi pemberitaan karena ia menolak menerima pemberian dompet seharga Rp 200.000. Kala itu, Iriana sedang hadir di acara pameran produk usaha kecil mikro dan menengah di Pendopo Bupati Karanganyar. Salah seorang peserta ingin memberikan bingkisan berisi dompet seharga Rp 200.000 kepada Iriana, tapi ia menolak. Sebelum meninggalkan tempat, Iriana membeli dompet tersebut sebanyak dua buah di mana satu dompet diberikan untuk Mufida Kalla, istri wapres Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi sendiri sempat memberikan album foto kepada Raja Salman.

Benarkah Ibu Negara Mendapat Kalung Berlian dari Raja Salman?Birpers-Setpres/Laily Rachev/ANTARA FOTO

Sebelum meninggalkan Jakarta untuk menuju Bali, Presiden Jokowi memberikan cinderamata kepada Raja Salman berupa sebuah album foto yang berisi kegiatan Raja Salman selama berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Istana Kepresidenan Jakarta. Raja Salman sendiri memberikan cinderamata kepada tokoh lintas agama yang ditemuinya di Hotel Raffles Jakarta pada 3 Maret 2017. Cinderamata tersebut adalah pin berwarna emas yang bertuliskan Saunesia yang berarti Arab Saudi dan Indonesia.

Baca Juga: Megah! Kini Giliran Bali yang Bersiap Menyambut Raja Salman

Topik:

Berita Terkini Lainnya