Agus Yudhoyono Terima Kekalahannya di Pilkada

Agus memberi selamat kepada Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga

Usai hitung cepat dari sejumlah lembaga survei yang menyatakan kekalahan Agus dan Sylviana, pihak dari pasangan cagub-cawagub nomor urut satu ini mengadakan jumpa pers di Wisma Proklamasi (15/2). Acara yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB ini dihadiri juga oleh Sylviana Murni, Annisa Pohan, sejumlah petinggi Partai Demokrat seperti Ibas Yudhoyono, Imelda Sari dan Roy Suryo, serta para pendukung dan relawan Agus dan Sylviana.

Agus dan Sylviana mengakui kekalahan mereka dalam Pilkada DKI Jakarta.

Agus Yudhoyono Terima Kekalahannya di PilkadaIDN Times

Dalam jumpa pers ini hanya Agus Yudhoyono yang menyampaikan pernyataannya. Sebelum memulai, para pendukung dan relawan Agus-Sylviana sempat meneriakkan yel-yel "Agus Presiden". Ia pun mengawali pernyataannya dengan mengucap syukur bahwa Pilkada pada 15 Februari berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Kemudian, Agus mengatakan bahwa pada masa kampanye dirinya tak pernah ingin berbicara mengenai kekalahan sebab ia berprinsip pantang untuk memikirkan kekalahan sebelum berjuang dan tak ingin memadamkan semangat orang-orang yang telah mendukungnya. Namun, Agus menyebut hari ini berbeda. "Seperti halnya kompetisi-kompetisi lainnya, pasti ada menang dan ada yang kalah. Ada suka dan ada duka. Itulah realitas kehidupan," kata Agus.

Dengan disaksikan oleh media dan semua yang mendukungnya, Agus mengakui kekalahannya. "Secara ksatria dan dengan lapang dada saya menerima kekalahan saya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta." Para pendukung dan tim suksesnya pun langsung menyambut dengan tepuk tangan.

Baca Juga: "Menang Atau Kalah, Para Cagub Harus Siap"

Agus mengucapkan selamat kepada Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga.

Agus Yudhoyono Terima Kekalahannya di PilkadaIDN Times

Selain mengakui kekalahannya, Agus juga mengungkap bahwa dirinya telah menghubungi pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga untuk mengucapkan selamat. "Saya sudah menelepon langsung bapak Basuki (Ahok). Saya juga sudah mencoba menghubungi bapak Anies dan Sandi, tapi beliau berdua masih ada kegiatan. Tujuan kami adalah untuk secara langsung mengucapkan selamat atas capaian mereka," kata Agus.

Agus juga mendoakan agar siapapun yang terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, berkomitmen untuk tegas dalam menjalankan tugas-tugas, memimpin rakyat dengan adil dan bijaksana, serta penuh cinta kasih kepada rakyat Jakarta.

Ia menyatakan meski tak lagi berkompetisi sebagai calon gubernur DKI, tapi ia berjanji untuk tak berhenti berkontribusi memajukan bangsa dan negara Indonesia. Putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tersebut juga mengingatkan bahwa yang diharapkan rakyat bukan hanya materi, tapi kebahagiaan lahir dan batin.

Agus meminta maaf dan berterima kasih kepada keluarga, pendukung, relawan, serta partai politik yang mendukungnya.

Agus Yudhoyono Terima Kekalahannya di PilkadaIDN Times

"Saya ingin minta maaf sebesar-besarnya kepada pendukung dan konstituen Agus-Sylviana karena belum berhasil memenuhi harapan Bapak dan Ibu sekalian," ujar Agus. Ia meyakinkan bahwa Tuhan memiliki rencana lain yang lebih baik bagi dirinya, keluarga, rakyat Jakarta, dan bangsa Indonesia. Agus berharap agar para pendukung tak patah semangat.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada para pimpinan Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN yang telah mengusung saya sebagai calon gubernur DKI Jakarta." Para pendukung pun memberikan tepuk tangan kembali. Agus juga tak lupa untuk berterima kasih kepada keluarganya. "Saya ucapkan terima kasih kepada Anisa, istri saya, dan Aira (putri Agus) yang setiap saat mendampingi saya. Mohon maaf saya jadi jarang sekali menemani keluarga, khususnya Aira." Annisa yang berdiri di sampingnya pun terlihat mengusap air mata mendengar pernyataan tersebut.

Jumpa pers Agus dan Sylviana kemudian diakhiri dengan tepuk tangan riuh dan yel-yel dari para pendukung keduanya. Di antara yel-yel yang terdengar di Wisma Proklamasi itu adalah "Agus Presiden".

Baca Juga: Hitung Cepat Hampir Berakhir, Ini Pernyataan Para Kandidat

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya