6 Turis Didenda Pemerintah karena Pakai Kostum Borat

Sacha Baron Cohen, pemeran Borat, langsung beri tanggapan.

Astana, IDN Times - Pemerintah Kazakhstan menahan dan memberikan denda kepada enam orang pria karena memakai kostum Borat di ibu kota Astana. Enam pria tersebut adalah turis dari Republik Ceko. Dikutip dari Associated Press, masing-masing dari mereka didenda sebesar Rp 920 ribu.

Borat adalah karakter film yang sangat terkenal.

6 Turis Didenda Pemerintah karena Pakai Kostum BoratInformburo.Kz

"Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan" adalah sebuah judul film komedi yang diproduksi oleh Amerika Serikat dan dirilis pada 2006. Film tersebut diperankan oleh Sacha Baron Cohen yang menjadi Borat Sagdiyev, seorang reporter TV sebuah acara populer di Kazakhstan.

Salah satu kostum fenomenal dari film Borat dikenal dengan nama "mankinis" berwarna hijau muda. Ia memakai kostum tersebut lengkap dengan gaya rambutnya yang sangat khas. Enam turis asal Republik Ceko itu pun terlihat mengenakan kostum tersebut di depan tulisan "I Love Astana".

Kabar tentang penahanan dan pemberian denda terhadap mereka pertama kali diberitakan oleh media lokal pada 14 November lalu. Berdasarkan pemberitaan tersebut, mereka dihukum karena dianggap berpenampilan "tak pantas" di tempat umum.

Baca juga: Sebar Foto Topless Kate Middleton, Dua Paparazzi Ini Didenda

Sacha Baron Cohen mengaku bersedia membayarkan denda tersebut.

6 Turis Didenda Pemerintah karena Pakai Kostum BoratIMDb

Mendengar kabar tersebut, Cohen mengunggah sebuah pesan di akun Facebooknya pada Selasa (21/11). Cohen menulis: "Kepada sahabat-sahabatku dari Ceko yang ditangkap. Kirimkan informasi detil kalian dan bukti bahwa itu adalah kalian, dan aku akan bayar denda itu."

Belum ada kabar lebih lanjut mengenai hal tersebut. Namun, yang pasti, reaksi publik beragam ketika menanggapi keberadaan kostum Borat. Sejumlah warga Kazakhstan menilai Cohen harus dihukum, sedangkan beberapa lainnya merasa ia telah membuat Kazakhstan terkenal.

Film Borat sendiri memang terbilang kontroversial. Pemerintah Kazakhstan sempat melarang pemutaran film yang mendapat nominasi Oscar itu. Lalu, dikutip dari BBC, pada 2012 pemerintah Kazakhstan berubah pikiran dan mengucapkan terima kasih kepada Cohen karena mempromosikan pariwasata negara itu.

Baca juga: Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The Pooh

Topik:

Berita Terkini Lainnya