Sambut Tahun Baru, Jemaah Ahmadiyah Gelar Bersih-Bersih Sejumlah Kota

Acara ini diawali salat tahajud bersama

Jakarta, IDN Times - Jemaah Ahmadiyah bekerja sama dengan sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi bersih-bersih Jakarta dan kota besar lainnya, pasca-malam pergantian tahun 2018. Acara ini bertema Clean The City (CTC) Tahun Baru 2018.

1. Menggugah kesadaran masyarakat tentang kebersihan

Sambut Tahun Baru, Jemaah Ahmadiyah Gelar Bersih-Bersih Sejumlah KotaDok IDN Times/Yendra Budiana

Publikasi dan Hubungan Media CTC Yendra Budiana mengatakan acara ini digelar dalam rangka keprihatinan masih lemahnnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang kebersihan lingkungan. Khususnya, saat pergantian tahun.

"Komunitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia bekerja sama dengan Humanity First Indonesia dan berbagai elemen masyarakat, kembali menggelar acara kampanye kebersihan lingkungan sebagai bentuk kecintaan pada Tanah Air dengan nama Clean The City (CTC) 
yang keempat tahun ini dengan tagline Awali dengan Kebersihan," ujar Yendra kepada IDN Times, Senin (1/1).

2. Masyarakat Indonesia kurang peduli masalah kebersihan

Sambut Tahun Baru, Jemaah Ahmadiyah Gelar Bersih-Bersih Sejumlah KotaDok IDN Times/Yendra Budiana

Yendra menjelaskan jumlah sampah di Indonesia per tahun mencapai 187 juta ton. Sedangkan sampah Tahun Baru di DKI tahun 2017 mencapai 225 ton. Indonesia sendiri pada 2017 masih berada di urutan ke-134 dunia negara paling bersih. 

"Hal ini menujukan bahwa masyarakat Indonesia masih kurang peduli pada kebersihan, suka membuang sampah sembarangan, dan tidak terbiasa memiliki pola hidup sehat," ujar dia.

Baca juga: Duar! Selamat Tahun Baru 2018

Melalui CTC, kata Yendra, Komunitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia ingin berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam kampanye gerakan kebersihan lingkungan, dan menggugah kesadaran masyarakat beragama.

"Ini untuk mereformasi dirinya sebagai mahluk sosial yang peduli baik terhadap kebersihan lahir maupun batin, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Surat Al-Muddasir ayat 4-5," kata Yendra.

3. Digelar serentak di berbagai kota besar

Sambut Tahun Baru, Jemaah Ahmadiyah Gelar Bersih-Bersih Sejumlah KotaDok IDN Times/Yendra Budiana

Yendra menyebutkan kegiatan ini digelar serentak di kota-kota besar di Indonesia pasca-perayaan Tahun Baru, 1 Januari 2018, dengan target peserta 5.000 orang, mulai pukul 03.00-09.00.

Rangkaian acara CTC sendiri dimulai pada malam pergantian tahun dengan kegiatan bertema Refleksi Cinta Tanah Air, tahajud berjamaah, salat Subuh berjamaah, dan ditutup dengan Fun Walk-Clean The City. Fun Walk-CTC adalah jalan sehat memungut sampah di lokasi yang sudah ditentukan.

Sementara, lokasi digelarnya CTC di antaranya Jakarta di Kota Tua, Tangerang di Taman Gajah, Bandung di Gedung Merdeka-Alun Alun, Kuningan di Lapangan Pendopo, Semarang di Simpang Lima, Yogyakarta di Nol Kilometer, Malang di Alun Alun, Denpasar di Lapangan Puputan Badung, Medan di Lapangan Merdeka, Makassar di Pantai Losari, Samarinda di Kantor Gubernur.

Baca juga: 9 Hal Ini yang Bisa Kamu Datangi saat Tahun Baruan di Jakarta

Topik:

Berita Terkini Lainnya