Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di Kukar

Terduga teroris bekerja sebagai PNS

Jakarta, IDN Times - Polisi menangkap warga Mangkurang, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berinisial MJ, Sabtu malam, 30 Desember 2017, karena diduga terlibat jaringan terorisme.

Ketua RT 18 Kelurahan Mangkurang Roli Maulana membenarkan pria 36 tahun itu merupakan warganya. Pada Sabtu malam tim gabungan kepolisian dari Polres Kukar, Polsek Tenggarong, dan Densus 88 menggeledah rumah MJ yang berada kurang lebih 200 meter dari rumahnya.

1. Penggeledahan di rumah terduga teroris

Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di Kukardailytimes.com

"Banyak polisi yang datang ada sekitar 30 orang, mereka meminta saya untuk menemani saat petugas melakukan penggeledahan, kejadian sekitar pukul 5 sore," kata Roli, seperti dilansir Antara, Minggu (31/12).

2. Menyita sejumlah barang bukti

Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di KukarIDN Times/Sukma Shakti

Roli menjelaskan, melihat polisi menyita sejumlah barang di rumah MJ, di antaranya senapan rakitan, laptop, dan sejumlah buku pada saat penggeledahan yang berakhir hingga pukul 20.30 Wita itu.

3. MJ ditangkap sebelum penggeledahan di rumah

Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di KukarIDN Times/Sukma Shakti

"Yang saya tahu, MJ ditangkap sebelum penggeledahan dilakukan oleh polisi, saya tidak tahu persis MJ ditangkap di mana, yang pasti bukan di rumahnya," ujar dia.

Baca juga: 5 Hal Ini Menjelaskan Mengapa Banyak WNI Bergabung Dengan Kelompok Teroris

4. MJ berstatus PNS

Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di KukarIDN Times/Sukma Shakti

Roli menjelaskan MJ merupakan warga asli Mangkurawang, Kukar, dan saat ini masih berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Kukar.

"Keseharianya normal saja, perilakunya baik, dan sangat rukun dengan warga lain, pokoknya gak ada yang mencurigakan," ujar dia.

5. Polisi memeriksa istri MJ

Polisi Tangkap Seorang Terduga Teroris di KukarIDN Times/Sukma Shakti

Sekitar pukul 23.00 Wita, kata Roli, di RT 18 Mangkurang masih terlihat sejumlah polisi memeriksa istri MJ di rumahnya, Jalan Usaha Tani, Mangkurawang, Kukar.

Istri MJ berinisial Kn, mengaku tidak tahu sama sekali dengan aktivitas suaminya. Bahkan, dia membantah barang yang telah disita polisi di kediamannya merupakan milik suaminya.

"Saya yang punya rumah tidak tahu, tapi polisi kok bisa tahu, dari mana datangnya barang itu," kata istri MJ kepada wartawan.

Sementara, menurut penuturan warga, MJ merupakan PNS di Kesbangpol Kukar, dan menjadi petugas kebersihan di masjid Pemkab Kukar.

Baca juga: 100 Mantan Napi Terorisme Berkumpul untuk Gemar NKRI

Topik:

Berita Terkini Lainnya