Gempa 5,7 SR Guncang Wilayah Garut dan Sukabumi

Gempa ini tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 5.7 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Jawa Barat. Kali ini gempat yang terjadi pada pukul 07.22 WIB mengguncang wilayah Garut. 

"Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5.7 SR, waktu gempa 07.22 WIB," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hari Djatmiko dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/12).

Gempa 5,7 SR Guncang Wilayah Garut dan Sukabumitwitter.com/GIVARIKI

Hari menjelaskan pusat gempat tersebut berada di laut selatan Jawa, persisnya di 8.09 Lintang Selatan
dan 106.76 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Atau berlokasi sekitar 129 kilometer bara daya Garut dan 130 kilometer barat daya Kota Sukabumi. 

Baca juga: Pasca-gempa, Ketinggian Air di Pantai Pangandaran Naik 

Namun, Hari menegaskan, gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tandas Hari.

Gempa 5,7 SR Guncang Wilayah Garut dan SukabumiTwitter/GIVARIKI

Gempa juga mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 23.04 WIB. Bahkan, gempa terjadi hingga dua kali. Lindu ini mengakibatkan guncangan hingga ke Jakarta.

Akibat gempa berkekuatan 6,7 RS itu, sejumlah rumah rusak dan menelan korban jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih mendata kerusakan maupun korban akibat gempat tersebut.

Baca juga: BNPB dan BMKG Cabut Peringatan Tsunami Pasca-Dua Kali Gempa di Jawa Barat

Topik:

Berita Terkini Lainnya