[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke Afganistan

Jokowi sempat bertukar peci dengan Presiden Ghani

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara Asia selatan dalam sepekan ini. Di antaranya Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afganistan.

Usai berkunjung ke Bangladesh kemarin, Jokowi melanjutkan lawatan ke Afghanistan hari ini. Dikutip dari akun Twitter Kantor Staf Presiden, @KSPgoid, Selasa (30/1), kunjungan Jokowi ke Afganistan merupakan kunjungan Kenegaraan Bilateral pertama Presiden Republik Indonesia, setelah hampir enam dekade atau tepatnya 57 tahun tahun lalu. Terakhir Presiden pertama RI Sukarno berkunjung ke Afganistan pada Mei 1961.

Kunjungan ini merupakan salah satu dukungan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Afganistan, yang juga ditunjukkan dengan berlanjutnya pembangunan kompleks Indonesia Islamic Centre (IIC) di Kabul. Rencananya, fasilitas kesehatan akan turut dibangun dalam kompleks tersebut tahun ini.

Kompleks IIC ini merupakan simbol atau monumen dari persahabatan Indonesia dan Afganistan. Lokasi tersebut diharapkan akan menjadi pusat kegiatan yang mendorong perdamaian. 

Presiden Jokowi menyebutkan klinik kesehatan di kompleks IIC akan mulai dibangun pada musim semi 2018, melengkapi Masjid As-Salam yang telah digunakan oleh masyarakat Afganistan sejak 2015. Melalui kunjungan ini, Jokowi juga menyatakan Indonesia siap memberikan 100 beasiswa bagi pelajar Afganistan. 

Sebelum kunjugan ini, 100 pengusaha Afganistan hadir dalam Trade Expo Indonesia pada 2017 lalu. Kedatangan mereka membukukan nilai transaksi lebih dari USD1,1 juta. Karena itu, Presiden Jokowi kemudian berjanji mengirimkan delegasi bisnis potensial ke Afganistan tahun ini. 

Indonesia, menurut Presiden Jokowi, akan terus meningkatkan program pengembangan kapasitas bagi masyarakat Afghanistan seperti pemberdayaan perempuan, pengembangan UKM, kesehatan, penegakan hukum, dan tata kelola pemerintahan.

Komitmen ini pada akhirnya diperkuat dalam pertemuan bilateral antara kedua negara yang berlangsung hangat dan penuh rasa persaudaraan. Kerja sama terkait pembangunan perdamaian di Afganistan makin dimatangkan kedua pihak.

Berikut sembilan gaya Presiden Jokowi saat kunjungan di Afghanistan:

1. Jokowi saat tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afganistan, Senin 29 Januari 2018 pukul 11.40 Waktu Setempat (WS) atau 14.10 WIB.

2. Presiden Ghani menyambut hangat kunjungan Presiden Jokowi   

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

"Kedatangan Yang Mulia tidak perlu membawa emas, tapi membawa hujan dan salju. Hujan dan salju merupakan berkah bagi kami. Salju dan hujan tidak pernah memilih akan turun pada orang kaya atau orang miskin,” kata Presiden Ghani.

3. Kedatangan Jokowi di Afganistan dianggap membawa berkah

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Kedatangan Presiden Jokowi dianggap membawa berkah bagi masyarakat Afganistan. Sebab, kedatangan Jokowi ke Kabul diiringi turunnya hujan salju yang diyakini masyarakat setempat membawa berkah.

Bersamaan dengan itu, Presiden Jokowi menyatakan bahwa kunjungannya ke Afganistan ini merupakan bentuk penghormatan dirinya atas kunjungan serupa yang dilakukan Presiden Afganistan ke Indonesia tahun lalu. 

Baca juga: Presiden Jokowi Nekat ke Afganistan, Dua Helikopter Mengawal Rombongan

4. Jokowi mengenakan setelan jas dan syal

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Selain mengenakan setelan jas, dalam kunjungan kenegaraan di Afganistan, Presiden Jokowi tampak mengenakan peci dan syal yang dililitkan di lehernya karena cuaca cukup dingin di tengah hujan salju.

5. Presiden Jokowi menerima medali atas keteguhan dan keberanian kerja sama dengan Afganistan

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Presiden Jokowi menerima ‘Medal of Ghazi Amanullah’ dari Presiden Afganistan Ashraf Ghani pada jamuan santap siang kenegaraan yang diadakan di Istana Presiden Arg, Afganistan.

Penyematan medali ini sebagai penghormatan kepada Presiden Jokowi atas keteguhan dan keberanian dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Afghanistan, terutama dalam mengupayakan peace building di Afganistan. 

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas anugerah Medal Ghazi Amanullah. Medali ini akan menjadi semangat baru dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral dan perdamaian di Afganistan.

Dalam pembicaraan bilateral ini, Presiden Ghani berulang kali menyampaikan apresiasi atas komitmen Presiden Jokowi dalam proses perdamaian di Afganistan, melalui kerja sama dalam konteks Peace Building. 

6. Jokowi menyinggung nilai perdagangan kedua negara masih relatif rendah

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Presiden Jokowi menyinggung nilai perdagangan kedua negara yang masih relatif rendah. Presiden percaya bahwa potensi kerja sama perdagangan kedua negara sangat besar. Untuk itu, ia akan menindaklanjuti hal tersebut dengan menugaskan jajaran terkait.

Presiden Jokowi menekankan, dukungan Indonesia pada upaya perdamaian di Afganistan turut ditunjukkan dengan kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia negara tersebut.

7. Jamuan makan siang Presiden Ghani pada Jokowi

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Sementara itu dalam sambutannya pada jamuan santap siang kenegaraan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menikmati perdamaian. 

Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung satu jam di Istana Presiden Agr, Kabul, itu Presiden Jokowi dan Presiden Afganistan sepakat bahwa upaya pembangunan perdamaian di Afganistan harus ditopang dengan pembangunan ekonomi negara. 

Menurut Jokowi, tanpa perdamaian tidak akan ada kesejahteraan. Tanpa kesejahteraan, perdamaian tidak akan lestari. Oleh karena itu, pada saat kita bekerja sama membangun perdamaian, maka kerja sama ekonomi harus ditingkatkan secara paralel.

8. Presiden Jokowi dan Presiden Ghani bertukar peci khas negaranya masing-masing

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanCapture Viideo Biro Pers Istana

Sebelum menunaikan salat zuhur, keduanya sempat bertukar kopiah khas masing-masing negara. Jokowi dipakaikan turban atau kopiah khas Afganistan, sementara Presiden Jokowi memberikan peci khas Indonesia dan membantu memakaikan kepada Presiden Ghani.

9. Presiden Jokowi jadi imam salat zuhur

[FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke AfganistanTwitter/@KSPgoid

Pada kunjungan di Kota Kabul, Afganistan, Presiden Jokowi didaulat menjadi imam salat zuhur. Sedangkan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menjadi makmum bersama pejabatnya.

Baca juga: Jokowi Jadi Imam Salat di Afganistan, Fadli Zon: Pencitraan yang Bagus

Topik:

Berita Terkini Lainnya