Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita Melongo

Anies menyebutnya keluarga pejuang

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagramnya, @aniesbaswedan, menceritakan pengalaman berharga saat berkunjung ke lokasi kebakaran di permukiman Taman Kota, Jakarta Barat.

Dalam unggahan tersebut, Anies menyertakan beberapa foto pria tengah membersihkan teras rumah dinas gubernur DKI Jakarta yang kini ditempatinya. Pria itu membersihkan lantai menggunakan mesin pembersih lantai.

1. Anies dihampiri perempuan paruh baya korban kebakaran

Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita MelongoInstagram/@aniesbaswedan

Dalam akun Instagramnya itu, Anies menuliskan, ketiak ia sedang berdiri di tengah-tengah puing bekas kebakaran di Taman Kota, seorang ibu setengah baya mendekatinya.

“Pak Anies, semua harta saya habis. Ya tinggal ini aja Pak, baju yang saya pakai,” cerita Anies, menuliskan ucapan perempuan itu, yang diunggah di Instagram hari ini, Rabu (4/4).

Anies menyebutkan, perempuan itu bercerita dengan nada tenang dan teduh. Tak ada kesan emosional ataupun duka. 

Anies lalu jawab, “Ibu rumahnya yang mana?”

“Ya di sini, Pak. Bapak lagi di rumah saya”, jawab perempuan itu sambil tersenyum.

Anies tersadar ternyata dia sedang berdiri di puing-puing rumah milik perempuan itu. Karena itulah, wanita itu mendatangi dan menyapanya.

Baca juga: Begini Sindiran Prabowo pada Wartawan, Intelijen, hingga Anies Baswedan

2. Perempuan itu meminta bantuan tapi bukan uang

Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita MelongoIDN Times/Helmi Shemi

Belum sempat Anies bertanya lagi, perempuan itu langsung berkata, “Pak Anies, bantu saya ya. Saya tidak minta uang dan jangan kasih uang. Beri suami saya kerjaan. Dia tukang poles lantai, Pak.”

Anies pun menjawab, "Ibu tuliskan nama dan nomor HPnya. Besok saya atur." 
Perempuan itu langsung mencari pinjaman alat tulis. Lalu ia tuliskan nama dan nomor handphone suaminya untuk diserahkan kepada Anies.

3. Anies akhirnya mempekerjakan suami perempuan korban kebakaran itu

Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita MelongoIDN Times/Helmi Shemi

Hari ini, Anies melanjutkan, dirinya menerima foto dari stafnya. Foto tersebut memperlihatkan suami perempuan itu yang sedang bekerja membersihkan lantai di rumah dinas Anies. 

"Dia sedang merajut kembali bangunan ekonomi keluarga yang sempat ludes ditelan api kebakaran," tulis Anies.

4. Anies kagum atas kegigihan perempuan korban kebakaran itu

Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita MelongoIDN Times/Helmi Shemi

Di akhir ceritanya, Anies menyebut perempuan korban kebakaran dan suaminya sebagai keluarga petarung. Meski sudah kehilangan harta kekayaannya akibat kebakaran, namun mereka masih semangat.

"Itulah kisah keluarga petarung. Rumah kecil, sempit tapi semangat besar dan kuat. Seorang istri yang kehilangan segala harta, tapi tak kehilangan harga diri dan percaya diri. Seorang suami yang kerja keras untuk keluarga tanpa mau sedikit pun hadir mengiba," tulis Anies. 

Anies kagum dengan sosok perempuan itu dan suaminya, karena di tengah musibah mereka tidak meminta-minta dan meratapi nasibnya, tapi mereka justru yakin bisa bangkit lagi. 

"Bangkit dengan tangan sendiri, bangkit dengan ikhtiar sendiri. Jangan pernah sesekali anggap 'rendah' mereka yang secara ekonomi masih rendah. Mereka seringkali lebih 'tinggi' dari mereka yang duduknya di gedung tinggi," tulis Anies mengakhiri ceritanya.

5. Anies mendapat pujian dari warganet

Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita MelongoIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Unggahan Anies mendapat respons positif dari warganet. Mereka umumnya mengapresiasi sikap mantan rektor Universitas Paramadina itu karena membantu perempuan korban kebakaran di Taman Kota itu, dengan mempekerjakan suaminya.

"Wow...gubernur gue ini...berempati dgn warganya,semoga selalu sehat & dlm lindungan Allah, Persija selamanya," tulis pemilik akun @hendragunawan8080.

Ucapan senada juga disampaikan pemilik akun @mustopa_uzumaki05, "Ini baru namanya gubernur indonesia."

Ada juga warganet yang terharu setelah membaca cerita Anies. Seperti dialami pemilik akun @barhalim. "Terharu *tears*." 

Baca juga: Anies Baswedan Bantah Ditelepon Ratna Sarumpaet

Topik:

Berita Terkini Lainnya