Antisipasi Kemacetan Libur Natal, Petugas Buka 16 Gardu di GT Palimanan

Arus menuju Jakarta cenderung lancar

Jakarta, IDN Times - Petugas tol membuka 16 gardu Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, guna mengantisipasi antrean kendaraan yang akan keluar menuju Jawa Tengah.

"Untuk di Gerbang Tol Palimanan kami maksimalkan dengan membuka sebanyak 16 gardu, agar antrean kendaraan saat membayar tidak memanjang," kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra, di Cirebon, Minggu (24/12). 

1. Arah menuju Jakarta hanya dibuka 4 gardu

Antisipasi Kemacetan Libur Natal, Petugas Buka 16 Gardu di GT PalimananTwitter/@NTMCLantasPolri

Sedangkan arah sebaliknya, lanjut Risto, hanya dibuka empat gardu, karena memang tidak ada antrean. Namun, dia memastikan situasi arus kendaraan di Tol Cipali masih lancar.

Menurut Risto, pembukaan di GT Palimanan arah Jateng tersebut tidak selalu 16 gardu. Namun tergantung kepadatan antrean, baik menuju Jateng maupun Jakarta. 

2. Volume kendaraan mengalami peningkatan

Antisipasi Kemacetan Libur Natal, Petugas Buka 16 Gardu di GT PalimananTwitter/@satpolpp_jateng

Dari data yang tercatat, kendaraan menuju Jateng pada libur Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari biasanya.

"Namun dapat kami pastikan arus lalu lintas di Tol Cirebon masih ramai lancar," kata dia.

Baca juga: Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi Ini

3. Di Cirebon arus kendaraan masih relatif lancar

Antisipasi Kemacetan Libur Natal, Petugas Buka 16 Gardu di GT PalimananTwitter/@adirosyadia

Risto menambahkan, secara umum di wilayah Cirebon arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar, baik di tol maupun jalan Pantai Utara (Pantura).

"Akan tetapi kalau di jalur Pantura arah Kota Cirebon ada sedikit peningkatan kendaraan saat jam-jam tertentu," Risto memungkasi.

Sementara, arus kendaraan mulai dari Tegal menuju Semarang terjadi kemacetan. Arus kendaraan padat merayap. Bahkan, kemacetan terjadi sejak Jumat 22 Desember lalu.

Baca juga: Kemacetan di Pantura Arah Jateng Masih Merayap

Topik:

Berita Terkini Lainnya