5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari Angkasa

Ribuan orang mengungsi akibat kebakaran

Jakarta, IDN Times - Lima kebakaran berskala raksasa, serta jilatan api yang relatif lebih kecil lainnya, mulai merambah ke sejumlah wilayah di Kalifornia, Amerika Serikat (AS), sejak Senin 4 Desember lalu. Sekitar 500 bangunan juga dinyatakan hancur dan ribuan warga mengungsi.

Dilansir BBC, Sabtu (9/12), Citra satelit yang diambil pada 5 Desember lalu memperlihatkan bagaimana kebakaran terjadi--didorong oleh cuaca ekstrem, termasuk kelembaban rendah, angin kencang, dan tanah yang gersang.

Sekitar 5.700 petugas pemadam kebakaran terlibat memadamkan kobaran api. Pejabat setempat pada Kamis 7 Desember lalu menyatakan banyak tawaran bantuan dari sejumlah negara-negara tetangga.

Thomas Fire

5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari AngkasaCoprenicus Sentinel

Kebakaran yang dinamakan Thomas Fire di kawasan Desa Ventura, sebelah utara Los Angeles, disebut-sebut titik api terbesar di California. Bahkan, kebakaran tersebut telah menyebar hingga kawasan pesisir pantai Pasifik.

Baca juga: Trump Dukung Peralihan Ibu Kota Israel ke Yerusalem, Ini Kata Pengamat

Petugas pemadam kebakaran setempat menyatakan jilatan api telah melahap kawasan seluas 466 km persegi sejak kemunculannya pada Senin 4 Desember lalu, dan menghancurkan lebih dari 430 bangunan gedung.

Creek Fire

5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari AngkasaCoprenicus Sentinel

Kebakaran lainnya melanda kawasan utara Los Angeles, yang disebut Creek Fire. Menurut pejabat setempat, 20% wilayah yang dilahap api sudah berhasil dipadamkan, dengan cakupan sekitar 15.323 hektare.

Rye Fire

5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari AngkasaCoprenicus Sentinel

Si jago merah di kawasan barat laut Los Angeles, persisnya di dekat Santa Clara, disebutnya Rye Fire. Kebakaran ini mengancam lebih dari 5.000 rumah dan bangunan lainnya.

Baca juga: Pejabat RI Ramai-ramai Kecam Keputusan Trump Soal Yerusalem

Kebakaran di wilayah ini telah membumihanguskan ribuan hektare hutan dan memicu pengungsian besar-besaran warga setempat dari rumahnya.

Otoritas pemadam kebakaran setempat menyatakan saat ini kebakaran di wilayah tersebut sudah berhasil dipadamkan 25%.

Skirball Fire

5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari AngkasaCoprenicus Sentinel

Di kawasan perumahan elite di Bell Air, Los Angeles, petugas pemadam kebakaran membantu memindahkan lusinan karya seni dari rumah mewah pada Rabu 6 Desember lalu, saat Skirball Fire--julukan untuk lidah api di wilayah itu--mengamuk.

Amukan Skirball Fire disebut-sebut telah menghanguskan lebih dari 475 hektare dan memaksa ratusan orang yang tinggal di kawasan hutan di perbukitan mengungsi ke tempat lain.

Lilac Fire

5 Kebakaran Mengerikan di Kalifornia Yang Terlihat dari AngkasaEPA

Di sebelah utara San Diego, kebakaran disebut Lilac Fire. Kebakaran ini telah menyebar dari 10 menjadi 4.100 hektare, hanya dalam beberapa jam.

Amukan Lilac Fire telah menghancurkan 20 bangunan dan membuat jalan protokol sempat macet total, akibat pengungsian warga.

Seorang fotografer kantor berita Reuters menggambarkan ledakan tabung gas yang ditanam di bawah rumah meledak, dan terdengar seperti ledakan bom.

Otoritas California telah mengeluarkan peringatan Ungu--peringatan tingkat tertinggi--di tengah situasi cuaca ekstrem yang menyebabkan kebakaran hebat.

Angin yang berhembus kencang dari kawasan gurun pasir Santa Ana ikut berperan membuat api mudah menyebar ke lokasi lain.
 

Baca juga: Warga Palestina dan Polisi Israel Bentrok di Yerusalem, 200 Orang Diamankan

Topik:

Berita Terkini Lainnya