5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi Milenial

Airlangga mewakili kaum muda Golkar

Jakarta, IDN Times - Rapat pleno DPP Partai Golkar Kamis 14 Desember lalu memutuskan, Airlangga Hartarto sebagai ketua umum sementara, menggantikan Setya Novanto, yang kini menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. 

Kini, partai beringin mulai berbenah diri untuk menghadapi Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, dimulai dengan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang akan digelar di Jakarta pada 17-20 Desember 2017.

Untuk menjaring simpatisan dari generasi milenial atau kalangan muda, Airlangga melalui ormas sayap partainya, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), meluncurkan gerai lab milenial Open Lab di Mal FX Sudirman, Jakarta, hari ini, Sabtu (16/12).

Berikut 5 jurus Partai Golkar untuk membenahi partai sekaligus menggaet simpatisan dari kaum milenial:

1. Berbeda dari Partai Lain

5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi MilenialIDN Times/Helmi Shemi

Airlangga mengapresiasi Open Lab AMPI, yang menghadirkan aplikasi Bang Joni. Menurutnya, ini sebuah langkah kemajuan yang baik dalam rangka menjaring generasi milenial.

"Patai Golkar ke depan memang akomodasi keinginan generasi milenial. Ini menjadi penting karena Partai Golkar hadir di tengah mal. Ini dikemas dengan baik, ke depan partai ini harus bisa bersentuhan langsung dengan masyarakatnya," kata Airlangga saat pembukaan Open Lab AMPI.

Baca juga: Kasus Setya Novanto Buat Partai Golkar 'Bersih-bersih' Melalui Munaslub

Menurut Airlangga, selama ini Golkar lebih fokus menggandeng kaum yang lebih tua. Karena itu, ini langkah baik untuk menggaet kaum muda sebagai simpatisan partai beringin.

"Golkar selama ini loyalisnya kita kaum tua, kaum urban. Pendekatan ini belom pernah dilakukan partai lain," ucap dia.

2. Lebih Dekat dengan Masyarakat
 

5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi MilenialANTARA FOTO/Risky Andrianto

Melalui Open Lab AMPI, menurut Airlangga, dapat mendekatkan masyarakat dengan Golkar. Tidak ada lagi sekat antara partai dengan masyarakat, khususnya kaum muda.

"Hal ini mewujudkan Partai Golkar hadir di mall, tidak ada sekat dengan masyarakat. Dulu loyalis Partai Golkar adalah kaum strata tertentu, tapi kini Partai Golkar siap merengkuh pasar milenial,” kata dia.

3. Kantor DPP Lebih Terbuka

5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi MilenialTempo.co

Kantor DPP Partai Golkar, kata Airlangga, juga kini berubah menjadi tempat yang nyaman dan digemari anak muda.

“Coba saja lihat kantor DPD Partai Golkar yang sudah dilengkapi kafe dan terbuka untuk kaum muda serta umum. Saya rasa cara ini belum dilakukan oleh partai lain,” dia mencontohkan.

4. Merekrut Kader Secara Online 

5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi Milenialokezone.com

Airlangga berharap pembukaan Open Lab AMPI bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan pemuda potensial berkontribusi membuat kebijakan publik. Dia juga berharap AMPI bisa menjadi gerbang bagi Golkar untuk merekrut kader secara online.

“AMPI bisa membuka rekrutmen kader Partai Golkar secara online, partai nanti akan fasilitasi jika ada kader yang ingin membentuk start-up, konektifitas, fasilitas, dan lain sebagainya,” kata dia.

5. Belajar dari Prancis

5 Jurus Airlangga Gaet Simpatisan dari Generasi Milenialsuarakarya.id

Pasar utamanya, kata Airlangga, adalah keanggotaan. Dengan keanggotaan kita bisa menciptakan pengaruh, seperti pernah dilakukan di Prancis. 

"Dengan memanfaatkan teknologi internet mereka bisa naikkan elektabilitas dan popularitas,” Airlangga menandaskan.

Dalam acara itu AMPI juga memberikan deklarasi dukungan kepada Airlangga Hartarto, untuk segera ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar dalam Munaslub yang akan digelar 17-20 Desember 2017 di Jakarta.

Baca juga: Arus Bawah Kader Golkar Inginkan Airlangga Hartarto Jadi Ketua Umum Golkar

Topik:

Berita Terkini Lainnya