4 Partai Resmi Usung Ridwan Kamil-Uu untuk Pilkada Jabar

Emil-Uu hari ini roadshow ke empat partai itu

Jakarta, IDN Times - Partai koalisi sepakat mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Kesepakatan tersebut setelah seluruh pimpinan pusat partai koalisi yang terdiri dari Partai Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura, membahas persiapan Pilkada di Jakarta, Sabtu malam, 6 Januari 2018.

1. 4 Partai sepakat mendukung Kamil-Uu

4 Partai Resmi Usung Ridwan Kamil-Uu untuk Pilkada JabarIDN Times/Teatrika Putri

Ketua Departemen Pemenangan Jawa Barat DPP PPP Dayat Hidayat mengatakan, seluruh partai pengusung sepakat mengusung Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum untuk maju pada Pilkada Jabar 2018.

"Alhamdulillah, akhirnya telah tercapai yang memang selama ini ditunggu-tunggu," kata Dayat, seperti dilansir Antara, Minggu (7/1).

Dayat menjelaskan, kesepakatan ini diperoleh berdasarkan hasil pertemuan partai koalisi. Dalam pertemuan itu, PPP dan Hanura diwakili langsung oleh ketua umum masing-masing yakni Romahurmuziy dan Oesman Sapta Odang.

Dayat mengatakan, untuk PKB diwakili Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan, dan Partai Nasdem diwakilkan Ketua Bappilu yang juga Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, dan seluruh partai akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk Emil-Uu.

Baca juga: Ridwan Kamil Kunjungi Kantor DPP PDIP, Bahas Pilkada Jabar?

2. Surat rekomendasi partai diterbitkan hari ini

4 Partai Resmi Usung Ridwan Kamil-Uu untuk Pilkada JabarIDN Times/Teatrika Putri

Menurut Dayat, rencananya surat rekomendasi tersebut akan diterbitkan hari ini, 7 Januari 2018. Surat rekomendasi tersebut akan menjadi syarat Kamil-Uu untuk mendaftar di KPU, yang kabarnya akan dilakukan pada 10 Januari mendatang.

"Jadi nanti pasangan calon yang langsung akan roadshow untuk mengambil surat rekomendasi dari Nasdem, PKB, dan Hanura. Kalau dari PPP kan sudah," kata dia.

Dayat memastikan Emil-Uu segera didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, karena telah memenuhi syarat minimal 20 kursi.

3. Golkar mencabut dukungan pada Emil

4 Partai Resmi Usung Ridwan Kamil-Uu untuk Pilkada JabarTwitter/@ridwankamil

Partai Golkar sebelumnya juga telah mendukung Ridwan Kamil untuk maju Pilkada Jabar 2018, namun beberapa hari lalu partai beringin mencabut dukungan tersebut. Golkar beralasan, Wali Kota Bandung itu belum memutuskan siapa pendampingnya mengingat beberapa hari ke depan pendaftaran calon sudah mulai dibuka.

Baca juga: Ini 5 Alasan Golkar Cabut Dukungan pada Ridwan Kamil

Topik:

Berita Terkini Lainnya