3 Cerita Lucu saat Kunjungan Jokowi ke Afghanistan

Teten memakai selimut pesawat untuk syal

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan cerita unik selama perjalanan mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dalam lawatan ke sejumlah negara Asia Selatan, khususnya saat berkunjung ke Afghanistan pada Senin 29 Januari lalu.

1. Koordinator Staf Khusus Presiden memakai selimut pesawat untuk syal

3 Cerita Lucu saat Kunjungan Jokowi ke AfghanistanTwitter/@pramonoanung

Melalui akun Twitter-nya, @pramonoanung, Pramono mengunggah tiga foto saat berkunjung ke Afghanistan yang menurutnya cukup menegangkan. Saking tegangnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Tenten Masduki memakai selimut pesawat sebagai syal, untuk menghangatkan tubuhnya karena saat itu turun hujan salju.

Baca juga: Jokowi Jadi Imam Salat Zuhur saat Kunjungan ke Afganistan

2. Komandan Paspampres dan Menlu Retno sujud syukur

3 Cerita Lucu saat Kunjungan Jokowi ke AfghanistanTwitter/@pramonoanung

Tak hanya itu, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sujud syukur sebelum pesawat lepas landas meninggalkan Afghanistan, yang belum lama ini terjadi ledakan bom hingga menewaskan puluhan orang. 

Sujud syukur dilakukan karena selama kunjugan Presiden Jokowi ke Afghanistan berlangsung aman dan lancar, mengingat negara itu belum lama terjadi ledakan bom hingga menewaskan puluhan orang. 

"Cerita lucu & berkesan kunjungan ke Afghanistan, Pak Teten krn tegang, lupa membawa baju utk udara dingin, dan memakai selimut pesawat utk menahan rasa dingin, dan dipikir ulama dr Indonesia, Bu Menlu & DanPaspampres sujud syukur stlh memasuki pesawat #AlhamdulillahSdhPulang," tweet Pramono dalam akunnya.

3. Presiden Jokowi mengenakan peci khas Afghanistan

3 Cerita Lucu saat Kunjungan Jokowi ke AfghanistanTwitter/@KSPgoid

Dalam kunjungan ke Afghanistan, Presiden Jokowi dan Presiden Ashraf Ghani bertukar peci khas negaranya sebelum salat zuhur yang diimami Jokowi.

Jokowi dipakaikan turban atau kopiah khas Afghanistan, sementara Presiden Jokowi memberikan peci khas Indonesia dan membantu memakaikan kepada Presiden Ghani. Alhasil, Jokowi terlihat seperti warga Timur Tengah saat mengimami salat.

Dalam kunjungan ke Afghanistan, Presiden Jokowi berkunjung ke Istana Presiden Arg. Di sana Presiden Jokowi disambut Presiden Ashraf Ghani. Presiden juga mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu Tete-a-Tete, pertemuan bilateral, dan memberikan pernyataan pers bersama.

Selain itu, Presiden Jokowi juga bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai (Wisma Negara). Setelahnya, Presiden mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden Arg. Sore harinya, Jokowi mengunjungi Istana Darul Aman yang juga menjadi agenda penutup kunjungan kerjanya ke Afghanistan.

Baca juga: [FOTO] Begini 9 Gaya Presiden Jokowi saat Berkunjung ke Afganistan

Topik:

Berita Terkini Lainnya