Sempat Ricuh, Ini yang Diminta Oleh Aliansi Mahasiswa Papua Saat Demo di Jakarta

Sempat terjadi keributan

Sekitar seratus orang dari Aliansi Mahasiswa Papua melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat, Kamis, (1/12) ini. Mereka menuntut agar nasib Papua ditentukan oleh masyarakat Papua sendiri.

Sempat Ricuh, Ini yang Diminta Oleh Aliansi Mahasiswa Papua Saat Demo di JakartaJuan Ferdinand/ANTARA FOTO

Dikutip dari Viva.co.id, massa sempat melakukan long march dari kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Jalan Diponegoro, Jakarta ke Bundaran HI. Akan tetapi, saat hendak menuju ke Bundaran HI, mereka dihadang oleh petugas kepolisian. Akhirnya mereka pun melakukan aksi di depan Plaza Gani Djemat, Jalan Imam Bonjol.

Mereka membawa atribut bendera Aliansi Mahasiswa Papua dan sebuah mobil yang dilengkapi pengeras suara untuk berorasi. Aksi ini juga diikuti dari Front Rakyat Indonesia (FRI) untuk Papua Barat.

Tiba-tiba demo memanas.

Sempat Ricuh, Ini yang Diminta Oleh Aliansi Mahasiswa Papua Saat Demo di JakartaJuan Ferdinand/ANTARA FOTO

Pada mobil tersebut sempat dipasangi kain yang diduga bendera Organisasi Papua Merdeka. Kepolisian pun berusaha mencopot atribut tersebut. Justru saat polisi akan mencoba spanduk, sempat menyebabkan ketegangan. Polisi akhirnya menyemprotkan water canon ke arah mobil komando tersebut.

Sony (27), salah satu peserta aksi mengatakan, demo ini merupakan aksi yang dilakukan secara rutin setiap tanggal 1 Desember untuk memperingati ulang tahun Papua Barat. Massa yang terdiri dari ratusan orang itu juga membawa atribut Organisasi Papua Merdeka (OPM), berupa ikat kepala bergambar Bintang Kejora. Hal itu memantik perhatian polisi, sehingga beberapa orang yang mengenakan atribut OPM langsung dibekuk.

Sempat Ricuh, Ini yang Diminta Oleh Aliansi Mahasiswa Papua Saat Demo di JakartaOlha Mulalinda/ANTARA FOTO

Kejadian itu sempat menimbulkan kericuhan, tapi tak ada aksi baku hantam antara demonstran dan polisi. Meski begitu, polisi tetap menyemprotkan water cannon ke arah massa.

Baca Juga: Doa Mengharukan Kiper Chapecoense Marcos Danilo Sebelum Hembuskan Napas Terakhir.

Para pendemo yang ditangkap sudah dilepaskan kembali.

Sempat Ricuh, Ini yang Diminta Oleh Aliansi Mahasiswa Papua Saat Demo di JakartaJojon/ANTARA FOTO

Saat ini, situasi sudah kembali kondusif. Massa tetap berorasi di tengah pengawalan ketat kepolisian. Beberapa pendemo yang sempat ditangkap sudah dilepaskan kembali, tapi tanpa mengenakan atribut

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan menjelaskan pihaknya tidak menahan mereka dan tidak dilakukan pemeriksaan. Saat ini pihaknya sedang melakukan dialog kepada mereka agar tidak mengulangi aksi serupa.

Unjuk rasa dijaga ketat oleh polisi anti huru-hara dengan jumlah yang hampir sama dengan para pemrotes.

Baca Juga: Stephen Hawking Sebut Ini Ancaman yang Dihadapi Umat Manusia di Abad 21!

Topik:

Berita Terkini Lainnya