Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Bone, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Keluarga korban cemas.

Sebuah kapal penumpang berjenis fiber tenggelam pada saat berlayar dari Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kapal ini tenggelam di perairan Teluk Bone. Kapal Motor Marina Baru yang mengangkut 118 penumpang ini diduga tenggelam karena mesinnya mati saat berlayar.

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Bone, Puluhan Korban Belum DitemukanSumber Gambar: rakyatku.com

Saat tenggelam, posisi terakhir kapal pada ada di wilayah perairan Kabupaten Kolaka Utara, tepatnya di Perairan Lasusua. Kapal tersebut tenggelam sekitar 12 mil dari Pelabuhan Siwa. Kapal ini sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Kolaka siang pukul 11.00 WITA. Namun, kapal yang dinahkodai oleh Asdar ini tiba-tiba mengalami musibah. Nahkoda sebelumnya sempat meminta bantuan kepada Syahbandar Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, namun tidak ada konfirmasi lebih lanjut. Petugas yang saat itu menuju TKP untuk melakukan penyelamatan juga mengalami kesulitan karena terhalang oleh tingginya gelombang.

Kronologi tenggelamnya kapal.

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Bone, Puluhan Korban Belum DitemukanSumber Gambar: bpblogspot.com

Menurut kesaksian korban yang selamat, tenggelamnya kapal ini cukup mengejutkan. Pasalnya awal berangkatnya terlihat sangat menyenangkan. Namun, semua berubah saat awan tiba-tiba berubah menjadi gelap dan ombak mulai membesar. Tingginya bahkan mencapai lima meter. Semua penumpang mulai ketakutan dan merasakan firasat buruk.

Semua penumpang panik. Anak-anak menangis, beberapa orang berdoa dan beberapa lainnya meminta pertolongan. Keadaan semakin menegangkan saat mesin kapal mati. Tiba-tiba badai yang besar datang dan menghantam kapal berpenumpang 118 orang itu.

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Bone, Puluhan Korban Belum DitemukanSumber Gambar: lintasnasional.com

Beberapa penumpang mencoba untuk keluar dari ruangan kapal. Masing-masing dari penumpang juga sudah mendapatkan pelampung. Dalam kurun waktu 10 menit, kapal perlahan mulai tenggelam dan sejumlah penumpang menjauhi kapal agar tidak sampai ditarik oleh arus. Setelah itu, para penumpang kapal ini terkatung-katung di laut. Sebagian ada yang berenang mencari pertolongan dan sebagian yang lain entah bagaimana nasibnya.

Kondisi terkini korban kapal penggelam.

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Bone, Puluhan Korban Belum DitemukanSumber Gambar: republika.com

Hingga kini, Tim SAR masih belum menemukan 76 orang penumpang Kapal Motor (KM) Marina yang tenggelam di Teluk Bone, Sulawesi Selatan. Mereka baru berhasil menyelamatkan 42 orang penumpang, namun sayang tiga diantaranya meninggal dunia. Pihak Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Alamsyah mengatakan akan terus melakukan pencairan terhadap penumpang lainnya.

Rincian penumpang tersebut terdiri atas 89 orang dewasa, lima anak-anak, 10 kru kapal, dan 14 balita. Proses pencairan akan dilakukan melalui udara dan juga melibatkan nelayan dan pemerintah daerah sekitar. Sejumlah korban yang ditemukan telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit di Siwa. Sebagian korban yang selamat juga telah dibawa kembali ke rumah oleh keluarganya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya