Ternyata Kasus Ini yang Membuat Rizieq Shihab Jadi Tersangka

Polisi juga dalami laporan lain terhadap Rizieq Shihab

Polisi mulai membuka kasus mana yang menjadikan pemimpin ormas Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjadi tersangka. Kasus tersebut adalah dugaan penodaan Pancasila. Ini terlihat dari diterimanya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) oleh Kejaksaan Tinggi Jabar dari penyidik Polda Jawa Barat.

Ternyata Kasus Ini yang Membuat Rizieq Shihab Jadi TersangkaWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Dikutip Liputan6.com, (20/1), hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati) Setia Untung Arimuladi.  Dia menyatakan bahwa surat tersebut sudah diterima oleh pihaknya dua hari yang lalu. Dalam SPDP tersebut tertulis jelas atas nama tersangka Rizieq Shihab. Tahap selanjutnya usai adanya SPDP ini adalah menunggu pelimpahan berkas perkara tahap pertama atas kasus tersebut untuk diteliti. 

Untuk menjadi tersangka perlu waktu 14 hari atau bahkan saat itu juga.

Ternyata Kasus Ini yang Membuat Rizieq Shihab Jadi TersangkaWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Untung menjelaskan bahwa usai penerimaan SPDP tersebut, jaksa memiliki waktu 14 hari untuk melakukan pengecekan secara formil dan materiil. ​Selain itu, penyidik juga masih harus memiliki dual alat bukti yang kuat untuk menjerat pimpinan FPI ini sebagai tersangka.

Baca Juga: Juru Bicara TNI Sebut Latihan Bela Negara untuk FPI adalah Blunder. 

Polisi tidak merasa mendapatkan tekanan.

Ternyata Kasus Ini yang Membuat Rizieq Shihab Jadi TersangkaFahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO

Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto di Mabes Polri menyatakan bahwa pihaknya tidak merasa tertekan dengan permintaan sejumlah organisasi massa yang terjadi belakangan ini. Polisi, kata dia, tetap fokus pada kasus dugaan penghinaan terhadap Pancasila. Kasus lain yang juga saat ini sedang didalami adalah dugaan penyebaran kebencian melalui video Rizieq yang menyebut ada gambar palu arit pada mata uang rupiah.

Baca Juga: Selain Banten, FPI Madura Juga Ternyata Dapat Pelatihan Bela Negara dari TNI. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya