Tarif Data Telkomsel Paling Mahal? Cek di Sini

Perwakilan Telkomsel angkat bicara.

Situs utama Telkomsel pada hari Jumat 28 April 2017 telah diretas oleh hacker yang tak dikenal.  Ulah hacker tersebut diduga sebagai bentuk kritik kepada Telkomsel karena dianggap tarif internet mereka telalu mahal. Insiden ini pun langsung mendapatkan sorotan dari masyarakat.

Tarif Data Telkomsel Paling Mahal? Cek di Siniet.stei.itb.ac.id

Dikutip Kompas.com, (29/4), Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB, Muhammad Ridwan Effendi menegaskan bahwa pernyataan tarif Telkomsel mahal adalah tidak benar. Bahkan, dia mengklaim bahwa tarif Telkomsel tersebut masih wajar dibandingkan tarif operator lainnya. Ridwan pun membeberkan sejumlah tarif internet di negara-negara lain yang harganya selangit.  

Contohnya di Spanyol, kita harus merogoh kocek sampai Rp 500.000 untuk mendapatkan paket internet dengan kuota 8 GB. Sementara di Amerika, kita harus mengeluarkan uang Rp 520.000 untuk paket 8 GB tersebut.

Bahkan, saat Ridwan berkunjung ke Cordoba beberapa waktu lalu, dia harus membayar sebesar 30 euro untuk paket dengan kuota serupa. Adapun di Indonesia, kita bisa mendapatkan paket internet dengan harga hanya Rp 45.000 untuk kuota 8 GB.

Dengan kata lain, Ridwan menyimpulkan bahwa tarif internet di luar negeri harganya malah mencapai 10 kali lipat lebih mahal dari operator di Indonesia.

Perwakilan Telkomsel angkat bicara.

Tarif Data Telkomsel Paling Mahal? Cek di Siniokezone.com

Terkait keluhan masyarakat terhadap tarif Telkomsel yang mahal, Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel melihat ini merupakan bukti positif bahwa produk Telkomsel cukup laris di masyarakat.

Dia pun menegaskan bahwa tarif Telkomsel tersebut merujuk pada komponen biaya jaringan dan kebutuhan akses bandwidth internasional yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan hadirnya Telkomsel di 95 persen wilayah Indonesia serta layanan berbasis 4G, maka pelanggan akan terjamin mendapatkan kecepatan internet yang stabil.

Kualitas jaringan Telkomsel lebih baik dari operator lain?

Tarif Data Telkomsel Paling Mahal? Cek di SiniAudy Alwi/ANTARA FOTO

Chief Economist PT. Danareksa Sekuritas, Kahlil Rowter juga tidak setuju jika ada yang mengatakan tarif Telkomsel mahal. Bahkan dia menegaskan bahwa isu Telkomsel diduga melakukan usaha monopoli adalah tidak benar!

Menurutnya, tarif Telkomsel adalah tarif yang fair. Pasalnya kualitas jaringan yang diberikan Telkomsel lebih baik dari operator lain.  Pasalnya masih banyak operator lain yang menawarkan harga murah tapi kualitas layanannya terbilang rendah.

Baca Juga: Situs Telkomsel Diretas, Hacker Curhat Kuota Internet Mahal!

Topik:

Berita Terkini Lainnya