Survei: Bagi Netizen, Ahok Lebih Populer Ketimbang Anies

Djarot kalah populer daripada Sandiaga

Meski sedang menghadapi kasus hukum, popularitas Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok nampaknya tak berkurang. Setidaknya hal itu tercermin dari pembicaraan di media sosial. Semenjak Ahok dipastikan melaju di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, namanya terus mendominasi pembicaraan di media sosial. Berdasarkan hasil riset terbaru lembaga Isentia, Ahok meraih 64 persen popularitas dibandingkan dengan Anies Baswedan yang hanya memperoleh 36 persen.

Survei: Bagi Netizen, Ahok Lebih Populer Ketimbang AniesIsentia via Liputan6.com

Dikutip Liputan6.com, (24/3), Isentia merupakan perusahaan media monitoring asal Australia yang mendirikan kantor perwakilan di Jakarta. Isentia melakukan riset pada tanggal 10 - 20 Maret 2017.

Hasil yang mengejutkan ditunjukan oleh badan survei ini. Total pembicaraan dan pemberitaan terkait para kandidat pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua mencapai 467.354. Sampel ini diambil dari semua jenis media, mulai dari yang tradisional sampai yang bisa diakses secara online.

Kenapa Ahok bisa mendapatkan angka setinggi ini?

Survei: Bagi Netizen, Ahok Lebih Populer Ketimbang Aniesposkotanews.com

Apa yang menjadi penyebab popularitas Ahok meningkat drastis? Isentia menjelaskan bahwa keberadaan Ahok mampu menjadi pusat perhatian bagi para pengguna media sosial maupun media tradisional.

Mereka semua seolah telah dipengaruhi oleh pemberitaan mengenai Ahok. Hal ini tentunya berkebalikan dengan lawannya, yaitu Anies Baswedan yang tidak terlalu ramai dibicarakan.  Anies hanya mendapatkan 142.688 pembicaraan di sosial media dan 4.062 artikel di media tradisional.

Namun, hasil yang berbeda ditunjukan oleh masing-masing wakil kandidat. Calon Wakil Gubernur Ahok, Djarot Syaiful Hidayat ternyata kalah populer dibandingkan dengan Sandiaga Uno. Isentia menunjukan bahwa pembicaraan mengenai Sandiaga lebih banyak  55 persen dibandingkan Djarot yang hanya 45 persen.

Baca Juga: Mengejutkan, Hasil Survei Ini Tempatkan Ahok-Djarot di Posisi Teratas. 

Sidang dugaan penistaan agama dan Ahok main basket banyak menjadi pembahasan.

Survei: Bagi Netizen, Ahok Lebih Populer Ketimbang Aniesrepublika.co.id

Puncak tertinggi pembicaraan mengenai Ahok terjadi pada tanggal 14 dan 19 Maret 2017. Hal ini dikarenakan adanya sejumlah isu yang mencatut nama Calon Gubernur pertahana ini, yaitu sidang kasus dugaan penistaan agama dan pertandingan basket Ahok-Djarot.

Sementara itu, Anies Baswedan mengalami puncak pembicaraan di medsos terbanyak pada tanggal 11 Maret 2017. Salah satu isu yang banyak dibicarakan adalah mengenai kampanye di rumah ibadah, progam Ok Otrip dan dugaan korupsi Frankfurt Book Fair 2015.

Survei SMRC: Berkat Debat, Dukungan Terhadap Ahok-Djarot Meroket.

Topik:

Berita Terkini Lainnya