Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke Polisi

Gaji 2-3 juta per bulan, tapi saldo rekeningnya 1,5 triliun rupiah?

Pada tahun 2013, banyak orang dibuat heboh dengan berita mengenai rekening gendut yang dimiliki Aiptu Labora Sitorus. Bintara di Polda Papua itu menjadi bahan pembicaraan setelah diketahui terkuak adanya transaksi "misterius" di rekeningnya sebanyak 1,5 triliun rupiah.

Setelah bertahun-tahun bergelut dengan hukum dan mencoba kabur, akhirnya Labora Sitorus, sang terpidana dalam kasus pencucian uang dan penimbunan solar ini menyerahkan diri kepada kepolisian di Sorong, Papua pada Senin (7/3).

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber gambar: solopos.com

Sebelumnya dia sempat melarikan diri dari kediamannya saat hendak dijemput oleh petugas dari Direktorat Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Selama ini Labora mengaku sakit dan menyalahgunakan izin berobat supaya dia bisa kembali ke rumahnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Labora tak kunjung ditahan padahal vonis terpidana 15 tahun penjara sudah menimpanya.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber gambar: metrotvnews.com

Sebelumnya pada tanggal 17 September 2014, Labora telah divonis 15 tahun penjara dan denda sebesar 5 miliar rupiah. Dia terjerat kasus tindak pidana pencucian uang karena kepemilikan dana di rekening bank sebesar 1,5 triliun rupiah. Uang itu diduga kuat dari penimbunan minyak yang dilakukannya di Papua Barat. Selain itu, dia juga diduga melakukan pembalakan hutan.

Lalu bagaimana sebetulnya sepak terjang dari Aiptu Labora Sitorus? Simak profil lengkapnya berikut ini.

1. Sejak kecil Labora terkenal sebagai anak yang pintar.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber Gambar: tempo.co

Labora Sitorus adalah anak kedua dari delapan bersaudara pasangan Sitorus dan Br Pasaribu. Dia tinggal di Dusun 12 Kampung Kebun Sayur Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban Kebupaten Sergai. Labora dikenal sebagai sosok yang cerdas ketika bersekolah di SD Negeri 102037 Kebun Sayur Kec Sei Bamban Sergai.

2. Gaji Labora Sitarus hanya dua sampai tiga juta per bulan, tapi punya saldo di bank 1,5 triliun rupiah.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber Gambar: tsatic.net

Aiptu Labora Sitorus mendadak terkenal setelah masuk dalam daftar polisi pemilik rekening paling banyak. Tidak tanggung-tanggung, polisi yang bertugas di Sorong, Papua Barat, ini mengantongi uang 1,5 triliun rupiah di rekeningnya. Hal ini menimbulkan kecurigaan karena gaji pokok polisi berpangkat Aiptu hanya dua sampai tiga juta per bulan. Hal inilah yang kemudian membuat Labora pada tahun 2014 ditetapkan sebagai tersangka pencucian uang.

Baca Juga: Hal Sepele Inilah yang Membuat Korupsi Tetap Ada di Indonesia

3. Labora jadi tulang punggung keluarganya sejak ayahnya meninggal.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber gambar: harianandalas.com

Saat duduk dibangku SMA, ayahnya meninggal dunia. Setelah kepergian ayahnya, Labora dibantu dengan adik-adiknya kemudian bekerja lebih giat di ladang untuk membantu ibunya mencari nafkah. Dia juga membantu kakaknya berjualan lapo tuak di depan rumah orangtuanya.

4. Tamat SMA, Labora langsung ikut seleksi masuk polisi di Papua.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber Gambar: liputan6.com

Usai menamatkan bangku SMA pada tahun 1981, Labora langsung dibawa oleh saudaranya menuju Sorong, Papua. Tepatnya tahun 1983, Labora Sitorus mengikuti seleksi masuk polisi di Papua.

5. Labora terkenal dermawan dan sering menyumbang babi untuk pesta kampung.

Setelah Coba Kabur, Akhirnya Koruptor Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke PolisiSumber Gambar: klimg.com

Labora terkenal sebagai orang yang dermawan. Setiap pulang kampung, pihak keluarga mereka selalu mengundang warga untuk makan bersama. Jika ada warga kampung pesta, Labora yang dikenal dermawan selalu memberikan sumbangan secara cuma-cuma satu ekor ternak babi.

Baca Juga: Menurut Kamu, Hukuman Apa yang Pantas Untuk Koruptor Indonesia?

Topik:

Berita Terkini Lainnya