Sejumlah Organisasi Massa Minta FPI Dibubarkan, Setuju?

Membubarkan FPI tidak semudah membalikkan telapak tangan

Tuntutan atas pembubaran Front Pembela Islam (FPI) kembali muncul. Kali ini giliran Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang menyuarakan tuntutan serupa. Tuntutan itu dilatari aksi kisruh dua organisasi massa tersebut pekan lalu. 

Sejumlah Organisasi Massa Minta FPI Dibubarkan, Setuju?Nyoman Budiana/ANTARA FOTO

GMBI dan gerakan dari massa gabungan organisasi masyarakat se-Jawa Barat menuntut pembubaran FPI. Mereka pun membuat petisi agar pembubaran FPI agar segera dilakukan. Alasan mengapa FPI harus dibubarkan adalah karena mereka dinilai sebagai ormas yang intoleran. Petisi ini rencananya akan dilayangkan para kepala daerah di seluruh Indonesia hingga ke Presiden.

Tuntutan pembubaran FPI bukan pertama kali muncul. Sebelumnya, sejumlah relawan Ahok-Djarot yang berasal dari Solidaritas Merah Putih (Solmet), Aksi Badja, dan Demi Anak Generasi (DAG) juga menuntut agar FPI dibubarkan.

Membubarkan FPI tidak semudah itu.

Sejumlah Organisasi Massa Minta FPI Dibubarkan, Setuju?Nyoman Budiana/ANTARA FOTO

Diberitakan Tempo.co, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa membubarkan FPI tidak semudah membalikan telapak tangan. Pasalnya, ada sejumlah tahapan yang harus dilewati bila ingin membubarkan organisasi tersebut. Tahapan tersebut antara lain berupa peringatan dan kemudian pengadilan. Inilah yang membuat tahapan pembubaran tersebut tidak bisa berlangsung sekejap mata.

Baca Juga: Plat Nomor B 8 FPI yang Jadi Viral di Medsos, Ternyata Ini Sejarahnya!

Selain itu, Undang-undang Dasar 1945 memberikan jaminan penuh kepada hak warga negara untuk berserikat dan berkumpul selama ormas tersebut berazaskan Pancasila.

FMD juga ingin FPI bubar.

Sejumlah Organisasi Massa Minta FPI Dibubarkan, Setuju?Reno Esnir/ANTARA FOTO

Sebelumnya, massa yang mengatasnamakan diri Forum Masyarakat Dayak (FMD) Kabupaten Sanggau juga mendatangi Kantor DPRD Sanggau 16 Januari 2017. Mereka mengenakan pakaian khas Dayak dan ikut menyuarakan penolakan terhadap Front Pembela Islam (FPI) karena dianggap antiPancasila dan UUD 1945.

Baca Juga: [VIRAL] Akhirnya Ada Polisi yang Berani Melawan FPI Saat akan Lakukan Sweeping!

Topik:

Berita Terkini Lainnya