Nyicil Rumah Hanya Rp 750 ribu? Ini Syaratnya

Gaji Rp 3 juta-Rp 4 juta bisa beli rumah.

Berita bagus bagi kamu yang sedang mencari rumah murah. Presiden Jokowi kini tengah menggalakkan program rumah bersubsidi yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat kelas bawah. Tentu saja rumah tersebut nantinya akan memberikan fasilitas berupa cicilan yang lebih ekonomis.

Nyicil Rumah Hanya Rp 750 ribu? Ini SyaratnyaYusuf Nugroho/ANTARA FOTO

Rumah itu, nantinya akan diperuntukkan bagi masyarakat dengan penghasilan Rp 3-4 juta per bulan.  Cicilannya pun tak mahal. Tiap bulan mereka hanya perlu menyisihkan Rp 750 ribu dengan lama cicilan hingga 20 tahun. Sementara untuk pilihan pelunasan 15 tahun, cicilan yang bisa dibayar kurang lebih senilai Rp 900 ribu per bulannya. Saat melakukan peninjauan di Kabupaten Kampar, Riau, Ahad (23/7), Jokowi mengklaim bahwa rumah-rumah itu memang murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Ada lebih 2000 rumah murah di Pekanbaru.

Nyicil Rumah Hanya Rp 750 ribu? Ini SyaratnyaYusuf Nugroho/ANTARA FOTO

Mengutip dari Liputan6.com, (24/7), Bank Tabungan Negara sebagai penyelenggara rumah murah menyatakan bahwa program ini tak lepas dari subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, untuk Pekanbaru, mereka telah menyediakan sebanyak 2.126 rumah. Uang muka atau down payment juga cukup ekonomis, yakni hanya sebesar 1 persen. Masyarakat juga nantinya akan memperoleh bantuan uang muka dari pemerintah sebesar Rp 4 juta.

Baca Juga: Dilema Millennials: Mending Beli Mobil atau Rumah Dulu?

Lalu apa saja syaratnya supaya bisa membeli rumah bersubsidi ini?

Nyicil Rumah Hanya Rp 750 ribu? Ini SyaratnyaAji Setyawan/ANTARA FOTO

Lalu apa saja syaratnya supaya bisa mendapatkan rumah ekonomis ini? Maryono menuturkan syarat utama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21 tahun ke atas atau telah menikah. Pembeli juga harus memiliki penghasilan pokok maksimal Rp 4 juta. Pembeli tak boleh memiliki rumah atau menerima subsidi perumahan dari pemerintah sebelumnya. Sisanya adalah surat pernyataan, NPWP dan SPT Tahunan PPh.

Maryono menargetkan sepanjang tahun 2017 akan ada 504.122 unit rumah murah yang terbangun. Alhasil, masyarakat pun tidak akan lagi kesusahan dalam memperoleh tempat hunian yang nyaman dan menjadi milik pribadi.

Baca Juga: Jika Tak Dihuni, Cicilan Rumah Subsidi Akan Dimahalkan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya