Ibunya Terkena Tumor, Bocah 8 Tahun Jadi Tulang Punggung Keluarga

Sang ibu kena Tumor, sang adik masih kecil.

Di usianya yang masih delapan tahun, Riko menunjukkan perjuangan yang luar biasa sebagai tulang punggung keluarga. Sebabnya, Ayah dari bocah asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara ini telah meninggal sejak tiga tahun lalu. Adapun sang ibu, Wa Eko (27) saat ini sedang mengidap penyakit tumor di kepalanya.

Ibunya Terkena Tumor, Bocah 8 Tahun Jadi Tulang Punggung KeluargaDefrianto Neke/Kompas.com

Bocah kecil ini pun harus membanting tulang untuk mencari sesuap nasi untuk ibu dan adiknya, Wulan yang masih berusia 7 tahun. Menurut penelusuran Kompas.com, (18/7) bocah ini bekerja sebagai penjual ikan dan pencari rumput laut. Dari hasil penjualan ikan, Riko bisa memperoleh Rp 2.000. Sementara dari hasil mengmpulkan agar-agar, dia mengantongi Rp 8.000. 

Kehidupan Riko sarat akan perjuangan.

Ibunya Terkena Tumor, Bocah 8 Tahun Jadi Tulang Punggung Keluargabaubaupost.com

Sudah menjadi rutinitas harian setelah pulang sekolah mereka akan merapikan rumah panggung berukuran 3x4 meter yang berdinding anyaman bambu tersebut. Saking kecilnya rumah itu, antara kamar tidur dengan dapur tidak dibatasi dengan sekat apapun.

Meski bekerja, Riko juga tak lupa dengan pendidikannya. Bocah ini sekarang duduk di kelas 3. Adapun sang adik saat ini masih kelas 2. Mereka bersekolah di SD 1 Bataraguru di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lowu-lowu, Kota Baubau, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Arya. 

Kakak beradik itu juga membagi tugas rumah tangga. Riko bagian mengambil air di rumah tetangganya, sedangkan Wulan mencuci piring dan menjaga ibunya. Setelah itu, Riko akan keluar menjual ikan milik para nelayan yang ada di dekat tempat tinggalnya.

Setelah menjual ikan, bocah ini melanjutkan rutinitasnya menuju pantai dan mengikat rumput laut bersama para warga lainnya. Semua uang yang dia peroleh dia berikan kepada sang ibu. Sejumlah tetangga Riko mengaku salut dengan perjuangan Riko. Erlina, tetangganya, mengatakan bahwa Riko memiliki inisiatif dan semangat yang besar untuk menghidupi keluarganya.

Akhirnya pertolongan pun datang.

Ibunya Terkena Tumor, Bocah 8 Tahun Jadi Tulang Punggung Keluargatribratanews-polresbaubau.com

Kisah itu pun terdengar sampai telingan Kapolsek Bungi, Iptu Najamuddin. Najamudin datang memberikan bantuan kepada Riko dan keluarganya. Tak sampai di sana, Riko pun diangkat sebagai keluarga asuh olehnya.

Najamudin juga mengaku telah siap untuk membiayai pendidikan sekolah Riko dan Wulan sampai tamat nanti. Selain mendapatkan bantuan berupa kelengkapan sekolah, kedua bocah ini juga mendapatkan sembako dan pakaian.

Baca Juga: Jokowi Bercanda dengan Bocah Ngapak, Begini Jadinya. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya