Puncak Mudik, Tiket Kereta H-3 Ludes!

PT KAI mengingatkan supaya calon penumpang mematuhi peraturan yang berlaku.

Para pemudik mulai berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket kereta api untuk mudik tahun ini. Seperti periode sebelumnya, keberangkatan H-3 atau tanggal 22 Juni 2017 menjadi favorit para pemudik untuk pulang kampung. Terbukti, penjualan tiket ekonomi melalui jalur langsung ludes seketika. Salah satunya adalah tiket kelas ekonomi di jurusan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam waktu 15 menit saja, tiket tersebut tak bersisa. Umumnya mereka menggunakan pemesanan melalui jalur online.

Puncak Mudik, Tiket Kereta H-3 Ludes!Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (24/3), Direktur Komersial dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo menyimpulkan bahwa pembelian tiket kereta api secara online di H-3 Lebaran 2017 ini adalah titik puncak tertinggi. Salah satu alasan kenapa tiket ludes cepat adalah karena tanggal 22 Juni sudah mulai libur bersama.

Sebelumnya, pembelian tiket secara online pada H-10 Lebaran hingga H-5 belum begitu ramai. Pada H-5 Lebaran saja jumlah pembelian hanya mencapai 213 ribu. Tetapi jelang H-4 Lebaran jumlah pembelian tiket secara online langsung melonjak secara signifikan.

PT KAI mengingatkan supaya calon penumpang mematuhi peraturan yang berlaku.

Puncak Mudik, Tiket Kereta H-3 Ludes!Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Peningkatan jumlah pemesan tiket ini juga telah diprediksi oleh PT KAI. Bahkan, PT KAI berencana menambah jumlah 38 perjalanan KA yang mereka miliki. Jika diakumulasikan, jumlah peningkatan tersebut saat ini sudah mencapai 2,1 persen dibandingkan tahun lalu.

PT KAI juga mengingatkan supaya masyarakat mematuhi peraturan yang berlaku, antara lain tidak tidur dibawah lantai, tidak merokok, atau menaruh barang yang menghalangi jalur evakuasi.

Selain, itu, bagi ibu hamil yang usia kehamilannya diatas 14 hingga 28 minggu wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan. Ibu hamil juga dilarang berangkat sendiri. 

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan. 

Calon penumpang diimbau memesan tiket secara online untuk mencegah membludaknya antrean di stasiun.

Puncak Mudik, Tiket Kereta H-3 Ludes!Muhammad Iqbal/ANTARA FOTO

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Koeswoyo mengatakan tiket yang terjual tersebut terdiri dari berbagai jurusan, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Tegal. Dia pun mengimbau kepada calon penumpang untuk memesan tiket secara online. Hal ini supaya di mencegah membludaknya penumpang yang datang membeli tiket di stasiun.

Namun, PT KAI hingga saat ini masih belum menentukan secara pasti berapa kereta tambahan yang akan dioperasikan nantinya. Apabila ada KA tambahan, maka PT KAI akan mengumumkannya ke calon penumpang dan mereka bisa langsung melakukan pembelian tiket.

Baca Juga: Kumpulan Situs & Aplikasi yang Jual Tiket Kereta Api Lebaran 2017. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya