Permasalahkan Kalimat Syahadat, Pria Ini Diciduk Polisi

Pelaku mengaku ingin mengkritik para ulama.

Seorang pria asal Jember, Jawa Timur diringkus oleh Unit Cyber Crime Polda Bali atas dugaan menyebarkan ujaran kebencian terhadap agama Islam. Pria yang menggunakan nama Donald Bali di YouTube itu mengunggah video berjudul “Syahadat Islam”. Isinya mempersoalkan kalimat syahadat yang diucapkan umat Islam.

Menurut laporan Liputan6.com, (27/7), Kanit IV, Komisaris I Wayan Wisnawa Adiputra mengatakan bahwa pelaku akhirnya berhasil ditangkap pada hari Jumat, 28 Juli 2017 di Tabanan pukul 11.30 WITA. Pria berinisial DIS ini terindikasi menyebarkan video yang bermuatan penistaan terhadap agama Islam.

Syahadat dianggap sebuah kesaksian palsu.

Permasalahkan Kalimat Syahadat, Pria Ini Diciduk Polisitribunnews.com

Dalam video tersebut, DIS mempermasalahkan kalimat pengakuan keimanan seorang muslim. Menurutnya, kesaksian dalam dua kalimat syahadat baru sah apabila orang yang mengucapkannya sudah bertemu langsung dengan Allah dan Nabi Muhammad. Apabila belum, bertemu maka kesaksian tersebut menurutnya palsu.

DIS diduga merekam ucapan dan adegan SARA tersebut memakai ponsel bermerk Vivo tipe Y21 warna putih. Selanjutnya dia mengunggahnya di Youtube menggunakan nama akun Donald Bali. Pelaku kini harus berhadapan dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Baca Juga: Kian Tegas, Twitter Kini Luncurkan Pembaruan Guna Perangi Ujaran Kebencian!

Pelaku mengaku apa yang dilakukannya adalah untuk mengoreksi para ulama.

Permasalahkan Kalimat Syahadat, Pria Ini Diciduk PolisiDewi Divianta/Liputan6.com

Saat ditanya apa motif dari aksinya tersebut, DIS mengaku tidak puas terhadap ucapan para ulama. Karena itulah dia kemudian mengunggah video tersebut dengan tujuan untuk mengekspresikan ide dan kontrol atau kritik terhadap para ulama. Tak ayal pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini langsung mendapatkan komentar kecaman dari sejumlah pihak yang menonton videonya.

Simak video lengkap Donald Bali berikut ini:

Baca Juga: Dituduh Sebarkan Ujaran Kebencian, Kaesang Dipolisikan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya