Dinilai Melanggar Asusila Lewat Video Mesra, Anya Geraldine Penuhi Panggilan KPAI

Anya Geraldin klarifikasi

Bagi netizen yang aktif dengan media sosial pasti tidak asing lagi dengan nama Anya Geraldine. Anya Geraldine adalah salah satu orang yang aktif di media sosial khususnya YouTube dan Instagram.

Dikutip Tempo.co, (4/10), dia bahkan mempunyai kanal YouTube pribadi yang di dalamnya berisikan video-video dengan pacarnya. Salah satu video yang diposting Anya di kanal YouTube nya yaitu kegiatan bersama kekasihnya bernama Okky Raditya.

Saat itu dia memamerkan kegiatannya mulai dari memberikan kejutan saat ulang tahun dengan berduaan di kamar hingga berlibur bersama ke Bali. Selain itu, dia juga menyewa villa dan hotel mewah.

Dinilai Melanggar Asusila Lewat Video Mesra, Anya Geraldine Penuhi Panggilan KPAIask.fm

Baca Juga: Gaya Pacaran Anya Geraldine Ini Bakal Bikin Kamu Miris, Ada Apa Dengan Generasi Muda Sekarang?

Anya tidak sungkan-sungkan mengunggah video-video super mesra bersama kekasihnya. Mulai dari berpelukan di pantai. Berendam berdua di jacuzzi dan sebagainya. Anya mengaku mengunggah video itu bukan untuk mencari tenar, tapi untuk mengabadikan momentum istimewa dalam hidupnya yang tidak terulang dua kali.

Dinilai Melanggar Asusila Lewat Video Mesra, Anya Geraldine Penuhi Panggilan KPAIchirpstory.com

Dia menilai apa yang dilakukannya dalam video itu wajar untuk anak muda seusianya karena teman-temannya juga melakukan hal yang sama. Beberapa video di kanal YouTube Anya pun langsung menjadi viral. Anya bersama Awkarin, yang juga YouTuber dilaporkan ke KPAI atas tindakannya tersebut.

Video mesra Anya Geraldin melanggar UU ITE.

Dinilai Melanggar Asusila Lewat Video Mesra, Anya Geraldine Penuhi Panggilan KPAIask.fm

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil Anya Geraldine sebagai tindak lanjut aduan publik terkait konten yang dinilai melanggar kesusilaan. Anya datang bersama sang kekasih, Okky dan Alexander Waas selaku kuasa hukumnya. Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh menyatakan karena dinilai mengemban konten kesusilaan, unggahan Anya melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pasal 27 ayat 1.

Asrorun juga mengatakan unggahan Anya faktanya menjadi pemicu lahirnya konten-konten bermuatan negatif di media sosial. Sebelum diskusi panjang, pihak Anya telah menyampaikan sejumlah poin klarifikasi yang dituangkan dalam tiga halaman.

Intinya ada kesadaran bahwa ada beberapa konten yang diunggah ke media sosial melanggar hukum, melanggar kesusilaan. Karenanya atas hal tersebut yang bersangkutan menyatakan maaf dan komitmen untuk tidak mengulangi. Selain itu, gadis bernama asli Nur Amalina Hayati ini mengungkap komitmennya untuk mewujudkan konten positif dan edukatif di media sosial.

Anya mengaku bahwa apa yang telah dia lakukan adalah kelalaian.

Dinilai Melanggar Asusila Lewat Video Mesra, Anya Geraldine Penuhi Panggilan KPAIask.fm

Video berjudul Radit's Birthday Surprise diunggah di YouTube pada 13 Agustus lalu. Video itu memperlihatkan saat Anya memberikan kejutan kepada Radit. Karena kasus ini, keluarga Anya mengaku kecewa atas perbuatannya. Awalnya dia juga tidak berpikir video tersebut akan booming dan menyita perhatian pengguna YouTube.

Dia pun menyetujui untuk menghapus video itu. Anya melalui kuasa hukumnya Alexander Waas mengakui melakukan kelalaian dalam melakukan pertimbangan sebelum mengunggah video yang berdurasi kurang lebih 5 menit 14 detik di YouTube. Kemudian video tersebut didownload oleh orang lain yang kurang bertanggung jawab dan diupload kembali sehingga tersebar luas.

Baca Juga: Ekspresi Atlet Golf Ini Membuatnya Pantas Disebut 'Jomblo Berkelas'

Topik:

Berita Terkini Lainnya