Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada Pemenang

Kini masa depan masyarakat Jakarta untuk lima tahun kedepan ditentukan oleh Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua. Dalam pemilihan umum ini akan ditentukan siapakah yang akan layak menduduki kursi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.

Pilkada kali ini diikuti oleh pasangan petahana nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Kondisi politik yang memanas menjelang dan saat Pilkada pun membuat para petinggi negara dan tokoh menyampaikan berbagai nasihat dan permintaan. 

1. Jokowi: jangan sampai perbedaan membuat kita terpecah belah.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangPuspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara hari ini datang ke Pilkada DKI Jakarta di TPS 04 Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat untuk menggunakan hak suaranya.

Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk tetap bersatu meskipun ada perbedaan dalam pilihan politik. Apapun hasilnya, siapapun yang terpilih, harus diterima dengan lapang dada. Jangan sampai momen ini memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Pasalnya, semua masyarakat Indonesia itu bersaudara.

2. Jusuf Kalla: siapapun yang menang harus dihargai.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyerukan kepada masyarakat untuk legawa dan menerima siapapun yang menjadi pemenang dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Jadi siapapun yang menang harus dihargai dan diakui oleh yang kalah. Sebaliknya, yang kalah juga harus dihargai oleh yang menang. Dia pun berharap supaya pilkada Jakarta kali ini berlangsung dengan demokratis.

3. Mendag: semua warga harus menggunakan hak pilihnya tanpa tekanan.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangAprilio Akbar/ANTARA FOTO

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita berharap supaya Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini bisa berjalan dengan kondusif, aman, dan tenteram. Semua warga harus bisa menggunakan hak pilihnya tanpa ada tekanan. Menteri Enggar sendiri telah menggunakan hak suara Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua di TPS 01 Jalan Daha, Selong, Kebayoran Baru.

4. Menag: pemenang Pilkada harus memiliki jiwa yang besar untuk melindungi dan mengayomi seluruh warganya.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangM. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga berpesan bagi cagub yang terpilih supaya berjiwa besar sehingga bisa mengayomi dan melindungi seluruh warga Jakarta. Dia pun juga meminta supaya pihak yang kalah legowo dan mendukung cagub-cawagub yang menang.

5. Menteri BUMN: siapapun yang terpilih semoga menjadi yang terbaik.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangIrsan Mulyadi/ANTARA FOTO

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap siapa pun yang nantinya memimpin Jakarta benar-benar menjadi sosok yang terbaik dan bisa mengutamakan aspirasi warganya.

Baca Juga: Pilkada DKI, Ini Aktivitas Rizieq Shihab dan Peserta Tamasya Al Maidah. 

6. Menkominfo: jelang Pilkada DKI Jakarta, jumlah berita HOAX menurun.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangRisky Andrianto/ANTARA FOTO

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara membeberkan temuan menarik dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini. Temuan tersebut yakni adanya penurunan jumlah berita palsu atau hoax yang beredar di masyarakat. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat saat ini sudah semakin kritis dalam menanggapi berita-berita yang tidak jelas sumbernya.

7. Megawati: hasil survei tidak menentukan hasil Pilkada DKI Jakarta.

Pilkada DKI Menguras Tenaga, 7 Tokoh Negara Ini Sampaikan Pesan Pada PemenangMuhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa hasil survei bukan penentu hasil Pilkada DKI Jakarta putaran kedua nantinya. Dia pun mempersilahkan sejumlah lembaga memaparkan hasil-hasil hitungan mereka. Namun tetap hanya satu yang akan menentukan hasil Pilkada nanti, yaitu masyarakat.

Baca Juga: Usai Mencoblos, Para Tahanan KPK Acungkan Tiga jari. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya