Antisipasi Mudik, Pertamina Siapkan Bensin "Botolan"

Harganya sama dengan SPBU.

Dalam rangka menyiagakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di sepanjang jalur mudik, PT Pertamina menciptakan sebuah produk BBM kemasan. BBM ini bisa didapatkan di 41 kios sepanjang jalur mudik yang rawan macet.

Diberitakan Kompas.com, (9/6), dalam kemasan ini, Pertamina hanya memproduksi dalam dua ukuran, yaitu 1, 2 dan 10 liter. Adapun kandungan bahan bakar ini adalah Pertamax dengan kandungan oktan 92.

Bensin kemasan bisa menjadi solusi saat terjebak macet dan bensin habis.

Antisipasi Mudik, Pertamina Siapkan Bensin BotolanRaymundus Rikang/Tempo.co

Vice President Corporate‎ Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan bahwa bensin kemasan bisa menjadi solusi bagi kendaraan yang terjebak macet. Bahkan untuk sejumlah wilayah di Jawa Barat, pihak Pertamina juga telah menyiapkan layanan pesan antar BBM.

Puluhan motor akan disiagakan guna mengantar BBM ke konsumen. Kenapa menggunakan motor? Karena motor berukuran lebih kecil dianggap lebih efektif untuk menerobos kemacetan. Adiatma juga mengkonfirmasi bahwa stok BBM untuk mudik Lebaran tahun ini aman. Jadi konsumen tidak perlu khawatir dengan isu kelangkaan BBM lagi.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Motor Matic Kamu Boros Bensin. 

Harga bensin kemasan ini sesuai dengan standar SPBU.

Antisipasi Mudik, Pertamina Siapkan Bensin BotolanEri Naldi/VIVAnews via Surabayaonline.co

Area Manager Communication and Relation JBB Marketing Operation Region III Pertamina, Yudy Nugraha mengatakan bahwa bensin kemasan satu atau dua liter bisa dipakai untuk pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Namun, dia menyarankan agar langsung memakainya untuk menghindari bahaya seperti kebakaran. 

Yudy juga meyakinkan konsumen bahwa bensin tersebut tidak dijual dengan harga khusus alias sesuai dengan yang ada SPBU yang ada saat ini. Namun, dia kembali menekankan kepada pembeli untuk tidak memakai bensin itu hanya sebagai cadangan.

Selain bensin "botolan", Pertamina juga akan menyiagakan sejumlah truk kantong BBM di daerah-daerah yang rawan macet. Truk tersebut akan membantu pasokan BBM selama arus mudik dan balik. 

Baca Juga: Sayangi Mobil Kalian, Ini 8 Tips Memilih Bensin. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya