Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja?

Bahkan ada yang dari luar kota

Ribuan massa yang dikoordinasi sejumlah ormas Islam mengepung Jakarta pada Jumat 4 November 2016 hari ini. Demo besar-besaran ini terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama beberapa waktu lalu.

Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja? M. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Dikutip Viva.co.id, (4/11), selain ormas Islam dari Jabodetabek, aksi ini juga diikuti massa dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti beberapa kota di Jawa, dari Medan, Makassar, Palembang dan masih banyak lagi. Selain itu, aksi ini juga akan diikuti ratusan ulama, dai-dai kondang, serta tokoh-tokoh ormas Islam dan lainnya. Tak hanya itu saja, sejumlah tokoh penting juga turut terlibat dalam aksi ini. Siapa saja?

Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja? Abba Gabrillin/Kompas.com

Dua Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, yaitu Fahri Hamzah dan Fadli Zon ikut demonstrasi anti Ahok. Keduanya berangkat bersama dari Gedung DPR menuju para rombongan demonstran di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Fahri menjelaskan tiga alasan dirinya dan Fadli bergabung dengan para pengunjuk rasa. Pertama, undangan secara langsung ditujukan pada mereka. Menurut Fahri, pimpinan DPR diundang oleh para tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut dalam aksi unjuk rasa hari ini.

Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja? Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Kedua, DPR ingin menjadi jembatan bagi parlemen jalanan dengan parlemen ruangan. Kehadiran Fahri dan Fadli diharapkan bisa menunjukkan kedekatan dua jenis parlemen tersebut. Sementara alasan ketiga adalah aksi unjuk rasa kali ini merupakan peristiwa penting yang harus diberi perhatian lebih. Fahri pun berharap di akhir unjuk rasa akan ada dialektika positif bagi para penyelenggara negara.

Fahri menuturkan bahwa yang dituntut adalah penegakan hukum terhadap seseorang yang dilaporkan dengan dugaan penistaan agama. Hal ini skalanya besar karena menyangkut perasaan keadilan bagi kelompok masyarakat. Namun, Fahri mewanti-wanti agar para demonstran tidak terprovokasi sehingga bisa menyebabkan kericuhan, bahkan korban jiwa. Kericuhan dan konflik merupakan senjata bagi pihak-pihak yang ingin melihat Indonesia menjadi bangsa yang gagal.

Baca Juga: Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana Negara

Ahmad Dhani dan Habib Rizieq juga ikut hadir dalam demo 4 November 2016.

Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja? Hendro Situmorang/Berita Satu

Calon Wakil Bupati Bekasi dan pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani ikut andil bersama para pengunjuk rasa lain untuk menyuarakan sikap. Dhani mengatakan, aksi hari ini sudah seharusnya dilakukan oleh masyarakat yang menuntut keadilan dari penegak hukum. Sebab, unjuk rasa hari ini berakar pada indikasi kasus penistaan agama Islam yang dilakukan oleh Ahok beberapa waktu lalu.

Tokoh-tokoh Berpengaruh yang Ikut Hadir di Demo 4 November, Siapa Saja? Herudin/Kompas.com

Habib Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) juga ikut dalam demo Ahok 4 November 2016. Sehari sebelum 4 November, Habib Rizieq Shihab sendiri memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta untuk menjadi saksi ahli agama dalam perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan petahana Ahok.

Baca Juga: Puluhan Ribu Orang Berdemo di Depan Istana, di Mana Jokowi-JK?

Topik:

Berita Terkini Lainnya