Pantau Pilkada Berhadiah iPhone 7, Ini Caranya!

Selain itu ada juga hadiah bagi-bagi pulsa Rp 100.000

Ada banyak cara mengawal pemungutan suara Pilkada DKI yang akan digelar pada Rabu (19/4) esok. Salah satu yang sedang menjadi kontroversi adalah Tamasya Al Maidah. Namun, ada cara lain untuk menjamin kontestasi politik tersebut berjalan lancar. Salah satunya dilakukan oleh sebuah organisasi bernama PemiluBersih. Bekerja sama dengan Indo Digital Volunteer, mereka melakukan sayembara pantau Tempat Pemungutan Suara. 

Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung yaitu pulsa sebesar Rp 100.000 bagi peserta yang terpilih. Bahkan, bagi foto dan video terbaik akan mendapatkan hadiah iPhone7. Caranya cukup sederhana, masyarakat diminta untuk memantau TPS Pilkada 2017 DKI Jakarta.

Pantau Pilkada Berhadiah iPhone 7, Ini Caranya!PemiluBersih.org

Peserta harus memfoto dan merekam Pilkada DKI Jakarta tersebut. Peserta juga bila mengambil gambar mengenai aksi kecurangan yang berlangsung pada saat pencoblosan, atau pada saat perhitungan suara.

“Sayembara ini mengajak seluruh warga Jakarta untuk aktif terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu. Sekaligus, membangun kesadaran mereka akan arti penting demokrasi yang sehat,” ujar Ketua Indo Digital Volunteer, Anthony Leong dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Selasa (18/4). 

Beberapa bentuk kecurangan yang menurut dia harus diwaspadai antara lain adanya pemilih ganda, “ghost voter” atau pemilih yang menggunakan hak pilih bukan atas nama dirinya, kecurangan logistik, praktik politik uang, dan petugas TPS yang tidak netral.

Baca Juga: 11 Meme Program OKE OCE Ini Ikut Ramaikan Debat Pilkada. 

Cara mengirim hasil gambar atau video rekaman pantau TPS.

Pantau Pilkada Berhadiah iPhone 7, Ini Caranya!Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Peserta sayembara bisa mengirimkan upload foto, atau video di TPS yang diduga terdapat kecurangan. Gambar dan video tersebut bisa dikirimkan ke Facebook, Twitter, dan Instagram dengan menggunakan hastag ke akun Instagram @pemilubersih dan Facebook Pemilu Bersih.

Peserta juga harus mengirimkan screenshoot bukti postingan media social tersebut dan mengirimnya ke pemilubersih.indonesia@gmail.com, dan pada body email cantumkan Nama, No HP, E-mail, Fotocopy KTP, link media sosial untuk FB, Twitter, dan Instagram.  Untuk list data TPS dapat dilihat di www.pemilubersih.org.

Anthony berharap masyarakat bisa turut berperan aktif dalam mengawal pemilu supaya proses demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan jujur, adil, dan tanpa ada penyolongan suara.

Baca Juga: Gara-gara Bagi Sembako, Kedua Kandidat Pilkada DKI Saling Lapor. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya