Obama Menangis di Gedung Putih, Ada Apa Gerangan?

Pidato yang emosional

Pada hari Selasa (5/1) lalu, seisi Gedung Putih merasa terhenyak. Hal ini karenakan pidato Obama yang sangat emosional. Sembari berpidato, Obama meneteskan air mata. Obama merasa sedih melihat banyaknya anak Amerika yang menjadi korban penembakan masal. Dia kembali teringat kejadian yang sangat memilukan beberapa tahun lalu. Pada Desember 2012, ada 20 anak dan enam orang dewasa dibunuh secara kejam di sebuah sekolah dasar yang berada di daerah Newtown, Connecticut.

Obama Menangis di Gedung Putih, Ada Apa Gerangan? Sumber Gambar: poskotanews.com

Obama juga merasa geram ketika berpikir mengenai nasib anak-anak malang yang meregang nyawa dengan cara yang mengerikan. Padahal usia mereka masih sangat muda. Dia sebenarnya sudah lama sekali ingin mengubah peraturan mengenai kepemilikan senjata di Amerika. Tapi hal tersebut selalu terhalang oleh Kongres yang mempersulitnya untuk mewujudkan hal tersebut.

Obama Menangis di Gedung Putih, Ada Apa Gerangan? Sumber Gambar: kompas.com

Dalam hal ini, ada tiga poin utama yang ditetapkan oleh Obama. Hal yang pertama adalah mengklasifikasikan jenis penjualan dan distribusi senjata. Kedua, Obama juga menghimbau kepada penjual untuk mengecek latar belakang dari calon pembelinya sebelum kesepakatan. Apakah dia dari kelompok teroris, warga sipil, atau orang penting dari partai politik. Ketiga, dia juga menyarankan akses kesehatan mental yang mudah dan bisa digunakan oleh semua orang. Dengan demikian, pemilik senjata akan benar-benar menggunakan senjata tersebut secara benar dan tidak untuk melukai bahkan membunuh sesamanya.

Pembunuhan oleh senjata api tewaskan lebih dari 30.000 orang per tahun.

Obama Menangis di Gedung Putih, Ada Apa Gerangan? Sumber Gambar: islamtimes.com

Kasus pembunuhan yang terjadi di Amerika masuk dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan kurang dari 30.000 orang tewas per tahunnya akibat kejadian ini. Sementara itu, FBI juga telah meningkatkan jumlah petugas untuk memeriksa latar belakang dari para pemilik senjata yang ada di negeri Paman Sam tersebut. Bagi mereka yang punya gangguan mental, atau sering mengalami masalah dengan rumah tangga, dan juga permasalahan lainnya diharapkan tidak menggunakan senjata api sama sekali.

Pengetatan pun juga diberlakukan bagi mereka yang membeli senjata melalui online. Pasalnya, berkat akses yang mudah membuat siapapun bisa memiliki senjata api dengan gampang. Jangan sampai hal ini menjadi celah bagi para pelaku kejahatan, terutama para teroris untuk melancarkan aksinya.

Obama Menangis di Gedung Putih, Ada Apa Gerangan? Sumber Gambar: detik.com

Obama terlihat cukup frustasi dengan fenomena mudahnya orang Amerika untuk bisa menggunakan senjata api. Hal ini karena sudah banyak orang yang menjadi korban. Dia juga meminta kepada seluruh warga Amerika untuk lebih mengedepankan kehidupan yang damai dan taat beribadah. Sehingga Amerika aman bagi semua orang. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya