Sempat Heboh, Mi Samyang Kini Dinyatakan Halal

Label halal MUI akan segera terbit.

Sempat heboh karena dianggap mengandung babi, Mi asal Korea Selatan, akhirnya mendapatkan pengakuan halal. Samyang yang sudah mendapat penialaian halal adalah varian Hot Chicken Ramen dan Cheese buatan PT. Korinus. Pengakuan itu diberikan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta.

Sempat Heboh, Mi Samyang Kini Dinyatakan HalalKurnia Sari Aziza/Kompas.com

DMI menyatakan bahwa penetapan ini dilakukan setelah melakukan investigasi terhadap label halal yang dikeluarkan organisasi muslim Malaysia dan Korea Selatan. Wakil Ketua DMI DKI Jakarta, Dadeng Hidayat mengatakan bahwa penetapan itu sekaligus membuat mi tersebut layak untuk dikonsumsi. 

Kasus ini samyang berbabi ini bermula saat Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumenep, Safradji bersama Dinas Kesehatan, Polres Sumenep dan Satpol PP melakukan inspeksi mendadak di sebuah swalayan yang menjual mi samyang.

Safradji kemudian membeli mi tersebut sebagai barang bukti dan sampel. Namun, karena kemasan produk tersebut bertuliskan bahasa Korea, dia pun menghubungi salah seorang mahasiswi yang kuliah di Fakultas Ilmu Sosial Prodi Bahasa Korea Universitas Gajah Mada (UGM).

Dari situlah sang penerjemah membenarkan bahwa komposisi mi samyang disebutkan salah satunya mengandung unsur babi. Safradji juga semakin terkejut karena tidak ada label halal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam mi asal Korea tersebut. Kabar tersebut kemudian beredar luas di media sosial dan BPOM pun memerintahkan untuk menarik peredaran makanan itu. 

Label halal MUI akan segera terbit.

Sempat Heboh, Mi Samyang Kini Dinyatakan HalalDavid Mharmansyah/ANTARA FOTO

Sebagai tindak lanjut, Sales and Marketing Manager PT. Korinus, Endra Nirwana memastikan bahwa label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan segera terbit. Dia berharap setelah masalah ini usai, omset penjualan mi samyang akan kembali normal. Pasalnya, mi bikinan PT. Korinus ini sempat mengalami penurunan penjualan mencapai 30 persen gara-gara isu yang terlanjur beredar di sosial media itu.

Baca Juga: BPOM Resmi Nyatakan 4 Mi Instan Asal Korea Mengandung Babi. 

Masyarakat diharapkan tidak khawatir lagi makan mi samyang.

Sempat Heboh, Mi Samyang Kini Dinyatakan HalalPanji Baskhara Ramadhan/Tribunnews.com

PT Korinus Indonesia yang merupakan importir mi samyang berharap masyarakat tidak perlu lagi khawatir mengkonsumsi mi asal negeri girlband-boyband ini. Pasalnya, produk mereka telah mendapatkan sertifikasi halal dari Malaysia dan Korea Muslim Federation.

Endra juga menegaskan bahwa mi yang saat ini tengah dipermasalahkan oleh pemerintah bukanlah produk mereka. Barang-barang perusahaan yang sebelumnya telah disita kini sudah dikembalikan lagi. Bahkan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat, PT Korinus mengajak seluruh ormas Islam untuk bersama-sama mencicipi samyang halal yang diimpor PT Korinus.

Baca Juga: 10 Mi Instan Terpedas di Dunia yang Wajib Kamu Coba. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya