Mewah! Inilah Fasilitas Raja Arab Saudi Selama Berada di Indonesia

Mobil anti peluru hingga tangga khusus turun pesawat

Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan sejumlah fasilitas guna menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulazis al-Saud pada tanggal 1-9 Maret 2017 mendatang. Kunjungan ini adalah kedua kalinya setelah kunjungan raja Arab Saudi sebelumnya, yakni Raja Faisal pada 46 tahun silam.

Mewah! Inilah Fasilitas Raja Arab Saudi Selama Berada di IndonesiaWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Dikutip Liputan6.com, (24/2), ada yang menarik dalam kunjungan ini. Pasalnya Raja Arab Saudi membawa sendiri fasilitas VVIP yang akan digunakannya selama berkunjung ke Indonesia. Jadi pemerintah Indonesia tidak perlu repot-repot mempersiapkan beberapa fasilitas istimewa tersebut.

Fasilitas alat-alat pengamanan, mobil raja salman dan tangga khusus.

Mewah! Inilah Fasilitas Raja Arab Saudi Selama Berada di IndonesiaDok Jas/Liputan6.com

Saat ini Pesawat Saudi Arabian (SV) yang mengangkut kargo milik Kerajaan tersebut telah datang lebih awal ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan Bandara Ngurai Rai Bali. Barang-barang mewah yang dibawa tersebut antara lain adalah alat-alat pengamanan, tangga motorized  atau berjalan serta mobil Mercy tipe S600. Mobil ini dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbo dengan kapasitas 5.980 cc dan memiliki fasilitas anti peluru.

Mewah! Inilah Fasilitas Raja Arab Saudi Selama Berada di IndonesiaDok Jas/Liputan6.com

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Natsir mengatakan, meskipun pihak kerajaan Arab Saudi sudah menyiapkan berbagai fasilitas mereka sendiri, namun pemerintah tetap akan memberikan dukungan berupa penyambutan dan pengamanan. Selain itu, nantinya juga akan ada menteri yang mendampingi Raja Salman selama berada di Indonesia. Terkait siapa menteri yang akan ditunjuk tersebut masih belum ada konfirmasi lebih lanjut.

Baca Juga: Diusir dari Arab Saudi Karena Terlalu Tampan, Bagaimana Nasib Pria Ini Sekarang?

Jadwal Raja Salman di Indonesia cukup padat.

Mewah! Inilah Fasilitas Raja Arab Saudi Selama Berada di IndonesiaDok Jas/Liputan6.com

Selama hampir 10 hari berada di Indonesia, jadwal Raja Salman cukup padat. Pada tanggal 1 Maret 2017, rombongan akan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan melanjutkan pertemuan bilateral di Istana Bogor. Tidak hanya Jokowi, Raja Salman juga bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, pimpinan DPR, para pengusaha asal Arab Saudi. Selanjutnya perjalanan akan berlanjut ke Masjid Istiqlal. Pertemuan dengan berbagai pejabat dan pengusaha juga akan dilakukan hingga tanggal 3 Maret 2017. 

Setelah itu, Raja Salman beserta rombongan akan berlibur di Bali dari tanggal 4 hingga 9 Maret 2017. Liburan ini adalah agenda pribadi dan bukan bagian dari lawatan kenegaraan. Karena itulah, perlakuan kepada Raja Salman dan keluarga serta rombongan akan sedikit berbeda saat liburan nanti. Akan tetapi, segi penjagaan dan keamanan akan tetap masih ada.

Baca Juga: Kunjungi Indonesia, Raja Arab Saudi Boyong 1500 Orang!

Topik:

Berita Terkini Lainnya