Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?

Jokowi bilang tidak berminat.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat memberikan pernyataan yang mengejutkan. Saat berpidato dalam HUT ke-17 Banteng Muda Indonesia beberapa waktu lalu, dimana dia mengatakan ingin pensiun dari dunia politik. Hal ini tentunya menimbulkan berbagai spekulasi mengenai siapa kandidat yang akan duduk di kursi Ketua Umum selanjutnya.

Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?Atika Fauziyyah/ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (4/4), dari sejumlah spekulasi yang muncul, nama Presiden Joko Widodo mencuat sebagai kandidat yang nantinya akan memimpin partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Jokowi sudah tahu pahit manisnya menjadi ketua pimpinan partai. Pasalnya, dia sebelumnya adalah Wakil Ketua DPD Jawa Tengah. Kiprah Jokowi memulai di PDI Perjuangan tentunya sudah tidak diragukan lagi. Dia terjun di dunia politik bersama partai tersebut sejak tahun 2005.

Jokowi memang kader tulen, tapi dia bukan penghuni PDIP Sejati.

Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?Fanny Octavianus/ANTARA FOTO

Sebaliknya, pakar psikologi politik Hamdi Moeloek menilai terlalu dini untuk mengajukan Jokowi sebagai pengganti Megawati. Meskipun Jokowi merupakan kader tulen, Hamdi mengatakan bahwa dia bukanlah "penghuni sejati" PDIP. Hal ini tak lepas dari masih adanya pertimbangan sebaliknya dari dalam partai. 

Menurut dia, saat ini yang paling penting bagi PDIP adalah mendapatkan sosok sekelas Megawati. Tokoh tersebut harus mempu menjadi pemersatu di partainya. Jika salah pilih, bukan tak mungkin tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik ini akan turun. 

Baca Juga: Giliran Artis dan Penyanyi yang Dapat Sepeda Gratis dari Jokowi. 

Sejumlah kandidat potensial lainnya?

Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?Rafiuddin Abdul Rahman/ANTARA FOTO

Selain Jokowi, masih ada sejumlah kandidat lainnya yang akan menggantikan wanita yang sudah memimpin PDIP selama 18 tahun ini.  Dalam hal ini ada tiga nama lainnya yang akan menjadi pengganti Megawati sebagai Ketua Umum.

Mereka antara lain adalah Puti Pramathana Puspa Seruni Paudrianagari Guntur Soekarnoputri alias Puti Guntur Soekarno, Muhammad Prananda Prabowo alias Prana Prabowo serta Puan Maharani.

Siapakah yang nantinya akan menjabat sebagai kandidat Ketua Umum PDIP selanjutnya?

Jokowi tak berminat.

Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?Yudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Jokowi sendiri pernah mengungkapkan keengganannya menjadi Ketua Umum PDIP.  Hal itu diungkapkan oleh politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Tjahjo Kumolo. Menurut dia, fokus utama Jokowi saat ini adalah fokus pada tugas utama seorang Presiden yaitu membenahi pemerintahan.

Baca Juga: Dikritik Kedatangannya di Papua Tak Ada Gunanya, Ini Tanggapan Jokowi!

Topik:

Berita Terkini Lainnya