Kabar Duka, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah Tutup Usia

Semoga Bu Tutty mendapatkan tempat terbaik di sisiNya

Satu lagi kabar duka menyelimuti tanah air. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah meninggal dunia di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC), Jakarta. Dia wafat pada hari ini, Rabu (4/5) pukul 07.45 WIB. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Reni Marlinawati mengonfirmasi meninggalnya Tutty pada pagi ini.

Dilansir Kompas.com, Tutty dikabarkan telah tiga minggu dirawat di RS MMC karena sakit infeksi usus besar. Jenazah Tutty hingga saat ini masih berada di RS MMC. Kemungkinan jenazah Tutty akan disemayamkan di Universitas Islam As-Syafi'iyyah, Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi.

Kabar Duka, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah Tutup UsiaSumber Gambar: republika.com

Keluarga besar PPP juga mengakui sangat kehilangan tokoh perempuan tersebut. Walaupun, Tutty tidak pernah masuk dalam struktur partai secara formal, dia tetap bagian dari keluarga besar partai berlambang Ka'bah tersebut. Selama menjabat sebagai Menteri, Bu Tutty merupakan menteri yang kiprahnya cukup diperhitungkan.

Doa dan ucapan duka cita disampaikan secara langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie dan juga sejumlah politikus lainnya atas meninggalnya mantan menteri di Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan itu.

Baca Juga: Bosan Tabrak Maskapai Lain, Kini 2 Pesawat Lion Air Saling Tabrakan

Karir dan prestasi Tutty Alawiyah.

Kabar Duka, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah Tutup UsiaSumber gambar: instagram.com/syifacip

Tokoh kelahiran, Jakarta, 30 Maret 1942 ini pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan pada tahun 1998 hingga 1999 pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan. Pada 1992 hingga 2004, alumni IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga aktif sebagai anggota MPR.

Kabar Duka, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah Tutup UsiaSumber Gambar: detik.com

Tutty menghembuskan napas terakhir pada usia 74 tahun pukul 07.15 WIB setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit. Selain sebagai petinggi negara, Tuty Alawiyah juga dikenal sebagai seorang ustadzah yang mengkoordinir ribuan ibu-ibu majelis taklim di Jabodetabek. Kehilangan seorang figur perempuan yang menjadi panutan tentunya sangat dirasakan oleh orang-orang terdekat Tutty.

Ucapan bela sungkawa dari Fadli Zon dan Adhyaksa Dault.

Kabar Duka, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Tutty Alawiyah Tutup UsiaSumber gambar: republika.co.id

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan berbelasungkawa atas meninggalnya Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden Soeharto, Tuty Alawiyah. Fadli melukiskan Tuty sebagai tokoh perempuan yang memiliki banyak pengikut. Selain berasal dari keluarga pahlawan nasional, dia jugalah yang menjadi pelopor berdirinya perguruan tinggi Assafiiyah. Fadli pertama kali bertemu Tuty pada 1990-an dan setelah itu ia mengaku hanya beberapa kali bertemu dengannya.

Sementara itu, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault merasa kehilangan atas meninggalnya Tuty Alawiyah. Adhyaksa Dault menyebut Tuti Alawiyah sebagai sosok pemersatu yang rendah hati. Menurut Adhyaksa Dault, sejak muda hingga sekarang, Tuty Alawiyah tidak pernah berhenti mendidik. Dia selalu nampak tersenyum dan tawanya membahagiakan tiap majelis yang dihadirinya.

Baca Juga: Mahasiswa Bunuh Dosen UMSU, Diduga Karena Dendam dan Nilai Jelek

Topik:

Berita Terkini Lainnya