Makin Laris, Diam-diam Harga Pertamax Naik Rp 50 - 250 Per Liter!

Apa pendapatmu?

PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Pertamax 95 dan Pertamax Plus 95‎ pada 16 November 2016 hari ini. Kenaikan harga tersebut berkisar antara 50 rupiah sampai 250 rupiah per liter.

Makin Laris, Diam-diam Harga Pertamax Naik Rp 50 - 250 Per Liter!Aguk Sudomarjo/ANTARA FOTO

Dikutip Liputan6.com, (16/11), Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro membenarkan adanya kenaikan Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95 ini. Alasanya adalah seiring dengan kenaikan Harga Indeks Pasar (HIP) saat ini.

Dia menyebutkan kenaikan harga Pertamax terjadi di wilayah‎ Sumatera Utara, Bengkulu sebesar 100 rupiah per liter. Kemudian di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat sebesar 250 rupiah per liter. Lalu di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali dan Jawa Timur naik 150 rupiah per liter. Kemudian Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur naik 100‎ rupiah per liter.

Makin Laris, Diam-diam Harga Pertamax Naik Rp 50 - 250 Per Liter!Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Sedangkan kenaikan harga Pertamax Plus berlangsung di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat 150 rupiah per liter. Wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebesar 50 rupiah per liter.

Harga BBM lainnya masih tetap sama.

Makin Laris, Diam-diam Harga Pertamax Naik Rp 50 - 250 Per Liter!Yuran Ucang/ANTARA FOTO

Untuk BBM jenis lain, seperti Pertalite, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite masih tetap sama. ‎Wianda meyakini bahwa kenaikan harga Pertamax dan Pertamax Plus tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat untuk beralih ke Premium dan BBM perusahaan asing, karena kenaikannya kecil dan masih kompetitif.

Masyarakat diharapkan dapat menerima keputusan perseroan untuk menaikkan harga pertamax dan pertamax plus. Apalagi, Pertamina tidak menaikkan harganya terlalu tinggi.

Baca Juga: Usai Demo 4/11, Ribuan Orang Akan Penuhi Bundaran HI Lagi Pada 19 November Nanti!

Bagaimana dengan kebijakan BBM satu harga?

Makin Laris, Diam-diam Harga Pertamax Naik Rp 50 - 250 Per Liter!Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arcandra Tahar memastikan bahwa penerapan kebijakan BBM satu harga di seluruh Indonesia bakal terlaksana pada Januari 2017 mendatang. Menteri ESDM Ignasius Jonan sendiri yang sudah menerbitkan Permen (Peraturan Menteri) untuk mendorong penerapan BBM satu harga.

Permen dikeluarkan untuk tindaklanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar memiliki payung hukum kebijakan anyar tersebut. Peraturan ini menurut Arcandra tidak lain untuk mendukung kesamarataan harga BBM di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Maraoke pada 2017 mendatang.

Baca Juga: Jika Jadi Tersangka, Bagaimana Status Pencalonan Ahok?

Topik:

Berita Terkini Lainnya