Kuota Haji Ditambah, Biaya Haji Juga Naik 3,1 persen

Komisi VIII DPR menyambut antusias usulan kenaikan tersebut.

Meningkatnya kuota haji memberikan kabar gembira bagi para calon jamaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci. Namun, jangan terburu senang dulu karena pemerintah juga tengah mengusulkan kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2017.  

Kuota Haji Ditambah, Biaya Haji Juga Naik 3,1 persenkompas.com

Dikutip Kompas.com, (14/2), kenaikan tersebut dipicu oleh kurs dolar Amerika Serikat (AS), penambahan jumlah jemaah, dan kenaikan harga minyak yang membuat harga Avtur (bahan bakar pesawat) naik. Jumlah kenaikan tersebut diperkirakan akan meningkat sekitar 3,1 persen dibandingkan tahun lalu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta agar semua pihak memahami kebijakan ini. Pasalnya, kenaikan tersebut memang tidak terelakkan karena kenaikan kurs yang berimplikasi pada perubahan biaya. Komisi VIII DPR menyambut antusias usulan kenaikan tersebut karena kenaikan tersebut dirasa masih rasional.

Kenaikan biaya haji adalah hal yang wajar.

Kuota Haji Ditambah, Biaya Haji Juga Naik 3,1 persenM. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Usulan ini nantinya akan dibahas lebih lanjut oleh Panitia Kerja (Panja) dan Komisi VIII. Dari sinilah nantinya akan disepakati BPIH di tahun 2017. Ada kemungkinan yang bisa terjadi, yakni biayanya dinaikkan lagi atau malah jadi lebih murah.

Akan tetapi, Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mujahid mengatakan bahwa masih ada beberapa alternatif yang bisa ditempuh agar BPIH tidak ikut naik. Salah satunya adalah pemerintah bisa melobi Pertamina supaya memberi harga khusus untuk Garuda dalam menjual avtur.

Di lain pihak, Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR Fahri Hamzah menjelaskan kenaikan tersebut semestinya bisa dihindari karena selama ini dana haji yang mengendap memiliki hasil pendapatan investasi yang besar. Menurutnya, bila keuntungan investasi dana haji ini dioptimalkan maka akan berdampak signifikan pada kenaikan biaya operasional dan harga minyak yang sedang naik.

Baca Juga: Kabar Gembira! Raja Arab Saudi Akan Setujui Penambahan Kuota Haji di Indonesia. 

Jangan sampai membuat kebijakan yang membebani rakyat.

Kuota Haji Ditambah, Biaya Haji Juga Naik 3,1 persenIdhad Zakaria/ANTARA FOTO

Usulan kenaikan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji tentu saja memicu perhatian dari sejumlah pihak.  Sidik Mudjahid berharap  usulan kenaikan tersebut masih dalam taraf kewajaran. Kendati ada wacana akan naik, dia akan tetap berusaha untuk bisa menurunkan BPIH tahun 2017.

Salah satunya adalah dengan mencari anggaran-anggaran lain yang masih bisa dikurangi. Dengan cara ini maka para jemaah akan bisa melakukan ibadah haji dengan lebih leluasa.

Baca Juga: Tukang Bubur Naik Haji Tamat, Citra Kirana dan Haji Muhidin Pindah ke Sinetron Ini. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya