4 Kasus Perseteruan Penumpang dan Staff Bandara

Apakah kesabaran hanya sebatas kata?

Sejumlah media masa ramai-ramai memberitakan seorang ibu yang diduga istri dari oknum pejabat menampar petugas aviation security (Avsec) di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Diduga, aksi pemukulan tersebut terjadi lantaran si wanita tidak terima karena diminta melepaskan jam tangan saat melewati mesin x-ray.

Corporate Communication Departemen Head Angkasa Pura I, Awaluddin menyatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan petugas tersebut sudah sesuai dengan aturan Dirjen Perhubungan Udara Nomor 2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang. Sangat disayangkan penumpang yang disuruh melepaskan jam tangannya itu malah emosi.

Aksi tegang semacam ini tidak hanya terjadi kali ini saja. Aksi serupa juga pernah terjadi beberapa kali sebelumnya. Berikut adalah daftar perseteruan yang melibatkan staff pesawat dan penumpang.

1. Wakil Ketua Ombudsman Azlaini Agus menampar petugas bandara.

4 Kasus Perseteruan Penumpang dan Staff BandaraLucky Pransiska/Kompas.com

Dugaan pelanggaran kode etik sebelumnya pernah dilakukan oleh Wakil Ketua Ombudsman Azlaini Agus. Pejabat itu diduga melakukan penamparan terhadap petugas bandara bernama Yana Novia (22) pada Oktober 2013 lalu. Penganiayaan ini diduga terjadi lantaran Azlaini kesal dengan lamanya pelayanan bus pengantar di bandara, serta tidak adanya kejelasan kapan dia akan berangkat.

Yana awalnya mencoba memberikan penjelasan kepada Azlaini, sayangnya dia malah menjadi sasaran empuk tamparan tangan kiri Azlani. Karena tindakannya ini, Azlaini pun ditetapkan sebagai tersangka dengan jeratan pasal penganiayaan dan pasal perbuatan tidak menyenangkan.

2. Anggota DPRD Provinsi Jambi H Salam memarahi dan menampar petugas bandara.

4 Kasus Perseteruan Penumpang dan Staff Bandaranewtapanuli.com

Hal serupa juga dilakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Jambi, Salam. Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Sarolangun ini diduga melakukan penamparan terhadap salah seorang petugas di Bandara Sultan Thaha, Jambi Selatan, Kota Jambi dengan tangan kirinya.

Aksi penamparan yang terjadi pada Januari 2017 itu dilakukan karena Salam tidak terima ditegur lantaran parkir sembarangan. Parahnya lagi, kejadian tersebut direkam oleh sejumlah pengunjung yang berada di TKP dan videonya langsung menyebar di sosial media. Petugas tersebut tidak membalas tamparan Salam, dia tetap berusaha menegur secara halus agar anggota dewan itu segera memindahkan mobil yang diparkirnya di tempat yang semestinya.

Baca Juga: Tidak Terima Anak Ditegur, Orangtua Pukul Guru di Makassar.

3. Oknum TNI menampar petugas bandara.

4 Kasus Perseteruan Penumpang dan Staff BandaraNabilla Tashandra/Kompas.com

Perlakukan tidak menyenangkan juga diterima oleh Petugas Avsec Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Agus Salim. Dia diduga dipukul oleh seorang oknum TNI di SCP-2 Cabin Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Juli tahun lalu.

Kejadian bermula saat seorang pejabat TNI AD bintang dua itu diminta melepaskan ikat pinggang dan jam tangan oleh petugas Avsec bernama Eni Roheni. Pejabat tersebut menolak. Akhirnya Agus Salim pun datang membantu Eni melaksanakan tugasnya. Tetapi, siapa yang menyangka pejabat tersebut langsung memukul Agus di bagian perut sebanyak dua kali dan wajah satu kali. Panglima TNI Gatot Nurmantyo pun angkat bicara. Dia berjanji akan menindak tegas aksi tersebut.

4. Pramugari bertengkar dengan penumpang pesawat.

4 Kasus Perseteruan Penumpang dan Staff Bandaragulalives.co

Pada waktu yang hampir bersamaan yaitu Juli tahun lalu, sebuah video juga sempat beredar di media sosial. Video itu menayangkan perkelahian antara penumpang dan pramugari pesawat. Perkelahian tersebut terjadi di tengah masalah tertundanya penerbangan pesawat Batik Air rute Manado-Jakarta. Penundaan terjadi karena retaknya kaca di bagian kokpit. Kondisi didalam pesawat yang semakin tak kondusif diduga memicu stress dan kepanikan yang berujung pada perkelahian dua orang ini.

Baca Juga: Wartawan Dipukul Oknum TNI Saat Bertugas, Ada Apa dengan Aparat Indonesia?

Topik:

Berita Terkini Lainnya