Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai Cemas

Bom ini berkekuatan 25 kali lipat dari bom nuklir.

Korea Utara kembali mengejutkan dunia dengan salah satu inovasi terbarunya. Negara yang saat ini dipimpin oleh rezim Kim Jong-un ini menciptakan sebuah bom maha dahsyat. Bom ini disinyalir berkekuatan 25 kali lipat dari bom yang pernah meledakan kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada saat Perang Dunia II. Bom hidrogen milik Korea Utara ini telah diuji coba dan diduga memicu timbulnya gempa bumi dengan kekuatan 5,1 skala richter. Korea Selatan juga terkena imbas dari gempa bumi tersebut. 

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: suara.com

Sebagai pencipta bom hidrogen ini, Korea Utara berdalih bahwa bom tersebut dibuat dan diuji coba dengan cara yang aman dan sempurna. Serta telah terbukti bahwa bom tersebut juga tidak akan menimbulkan dampak buruk yang signifikan bagi ekologi lingkungan.

Hal ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan yang dikemukakan oleh Korea Selatan (Korsel) kepada Korea Utara (Korut). Beberapa waktu lalu, Korsel sempat meremehkan dan tidak percaya bahwa Korut akan bisa mengembangkan bom hidrogen tersebut. Karena nyatanya, hal tersebut ternyata benar-benar mereka lakukan.

Ciptakan bom nuklir, Korea Utara bikin resah negara-negara tetangga.

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: okezone.com

Jepang pun tak luput dari keresahan akibat inovasi yang dilakukan oleh Korut. Mereka kesal karena secara tidak langsung negaranya akan terancam oleh gebrakan baru dari rezim Kim Jong-un ini. Jepang juga mengatakan akan mersepon secara tegas tantangan dari Korut.

Selain Jepang, Amerika juga sangat mengecam upaya dari Korut dalam menciptakan bom yang meresahkan ini. Amerika mengatakan kalau apa yang dilakukan oleh Korut tersebut telah melanggar resolusi dewan keamanan PBB.

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: kompas.com

Setelah uji coba dilakukan, terbukti bahwa hingga saat ini bom hidrogen yang diciptakan oleh Korea Utara adalah bom yang paling berbahaya di dunia dan juga menjadi bom yang lebih kuat dibandingkan dengan bom nuklir. Pasalnya bom ini menggunakan fusi dalam sebuah reaksi berantai sehingga ledakan yang dihasilkan pun juga akan lebih kuat.

Negara-negara mana saja yang pernah menciptakan senjata nuklir?

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: monitortoday.com

Bom hidrogen sejatinya adalah salah satu dari jenis bom nuklir yang paling kuat. Ternyata tidak hanya Korut saja yang membuat sensasi dengan bom nuklir. Lalu siapa saja negara yang pernah menciptakan bom pemusnah masal ini?

1. Amerika Serikat

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: amerika.com

Amerika Serikat sudah mengembangkan senjata nuklir pertamanya pada era Perang Dunia II. Amerika juga menjadi negara pertama di muka bumi yang pernah memakai senjata nuklirnya di Jepang pada 1945.

2. Rusia

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: satuharapan.com

Federation of American Scientists menyebutkan bahwa Uni Soviet memiliki 1.512 hulu ledak strategis yang bisa langsung dikerahkan. Jumlahnya berkisar antara 8.500 sampai 10.000 hulu ledak.

3. Tiongkok

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: tabloidjudi.com

Tiongkok terkesan menutupi soal senjata nuklirnya. Diperkirakan negara ini memiliki 250 hulu ledak yang tersimpan di 12 lokasi.

4. Prancis

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: trentekno.com

Prancis juga tak mau kalah. Negara ini mempunyai 290 hulu ledak, yang diduga disimpan di enam lokasi di negara tersebut. Mereka juga sudah menguji coba senjata nuklirnya pada tahun 1960 dan juga bom hidrogen pada 1968.

5. Inggris

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: bpblogspot.com

Inggris juga memiliki 225 hulu ledak nuklir, yang semuanya dapat diluncurkan melalui laut.

6. India

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: mirajnews.com

India menganggap senjata merupakan bagian penting dari pertahanan strategis negara mereka. Negara ini diduga memiliki antara 90 dan 110 hulu ledak.

7. Pakistan

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: saddahaq.com

Pakistan selama beberapa dekade secara diam-diam mengembangkan senjata nuklirnya dimulai pada akhir 1970-an dengan perkiraan memiliki 100-120 hulu ledak nuklir.

8. Israel

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: jabarmerdeka.com

Sebagai negara perang, Israel diyakini memiliki 100 sampai 200 hulu ledak nuklir.

9. Iran

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: pixabay.com

Iran juga memiliki program nuklir fantastis yang diklaim digunakan untuk tujuan damai. Meski demikian, Badan Energi Atom Internasional mendapatkan laporan bahwa Teheran diam-diam mengembangkan senjata nuklir secara masal.

10. Suriah

Korea Utara Ciptakan Bom Hidrogen, Beberapa Negara Mulai CemasSumber Gambar: tempo.co

Negara ini diduga mendapat bantuan dari Rusia, Tiongkok, dan Iran untuk mengembangkan program senjata pemusnah massalnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya