Klaim Pengacara, Arab Saudi Anggap Rizieq Buronan Politik

Karena dianggap membela agama

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, kini telah resmi masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) kepolisian Indonesia. Ini dilakukan setelah statusnya meningkat menjadi tersangka dalam dugaan kasus chat bermuatan pornografi yang juga melibatkan Firza Husein. Kini keberadaan Rizieq masih menjadi misteri, namun kuat dugaan dia saat ini masih berada di Arab Saudi.

Klaim Pengacara, Arab Saudi Anggap Rizieq Buronan Politik Bian Harnansa/Kompas.com

Hal tersebut dibenarkan oleh Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro. Bahkan, dia mengklaim bahwa keberadaan Rizieq di sana mendapat respons positif oleh warga setempat.

Menurut Sugito, di Arab, Rizieq dianggap sebagai buronan politik. Anggapan itu diberikan karena ia dinilai membela agama. Hal ini tentu berbeda dengan penilaian polisi Indonesia yang menetapkannya sebagai buronan dalam kasus pidana.

Meski menjadi buronan politik, Sugito mengklaim Rizieq Shihab sangat dihargai disana.  

Klaim Pengacara, Arab Saudi Anggap Rizieq Buronan Politik Irwansyah Putra/ANTARA via Tempo.co

Sugito menambahkan, meski Rizieq dianggap buronan politik, masyarakat di sana tetap menghargai ketua FPI tersebut. Terlebih lagi, teman Rizieq di sana sangat banyak karena merupakan alumni dari Universitas King Saud. Bahkan, ia kerap mendapatkan undangan untuk berbuka puasa bersama.

Menurut Sugito, Rizieq kemungkinan memilih untuk menetap di Arab Saudi dalam waktu yang lama. Pasalnya, dia merasa dikriminalisasi di Indonesia dan akan mengajukan permohonan penerbitan visa long stay supaya izin tinggalnya di Arab Saudi bisa lebih lama. Diketahui, tanggal 12 Juni 2017 nanti visa izin tinggalnya di Arab Saudi sudah tak lagi berlaku.

Baca Juga: Lama Tak Terdengar, Begini Perkembangan Kasus Dugaan Chat Mesra Rizieq-Firza. 

Dirjen Imigrasi meyakini tidak akan ada perpanjangan untuk Rizieq.Klaim Pengacara, Arab Saudi Anggap Rizieq Buronan Politik tribunnews.com

Sebaliknya, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie meyakini bahwa tak akan ada perpanjangan visa untuk Rizieq. Saat masa berlaku visanya habis, Rizieq akan otomatis dideportasi. Oleh karena itu, Ronny tidak ambil pusing tentang kapan Rizieq akan pulang. Yang pasti, Ronny meyakini saat visa Rizieq habis, dia akan langsung diserahkan ke duta besar untuk selanjutnya dipulangkan ke negara asalnya.

Baca Juga: Firza Husein Akhirnya Angkat Bicara Tentang Sosok Ema dan Rizieq Syihab. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya