Ketika Ahok dan Anies Saling Klaim Program Kerja

Dituding melakukan plagiat program, Ahok malah tertawa.

Sejumlah program telah digagas secara matang oleh Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan demi mendapatkan suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua nanti. Akan tetapi, Anies menduga beberapa programnya dicontek calon petahana Basuki Tjahaja Purnama.

Ketika Ahok dan Anies Saling Klaim Program KerjaM. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Dikutip Metro TV News, (23/3), Anies mencontohkan salah satu program yang ditiru oleh Ahok adalah program untuk warga lanjut usia. Dia mengklaim program tersebut telah diwacanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Program tersebut menjanjikan dana sebesar Rp 300 ribu per bulan untuk warga yang sudah lanjut usia.

Menurut Anies, peniruan itu juga berarti secara tidak langsung program mereka diakui bagus oleh Ahok-Djarot.  Anies kemudian menegaskan bahwa program yang diusungnya sendiri akan lebih baik ketimbang Ahok. Pasalnya, dia mengklaim bahwa program yang sedari awal adalah miliknya ini akan terasa “orisinil” jika Anies sendiri yang menjalankan.

Dia juga menjanjikan dalam lima tahun ke depan akan banyak program-program Anies yang lebih bagus saat dia benar-benar bekerja untuk warga ibukota.

Dituding melakukan plagiat program, Ahok malah tertawa.

Ketika Ahok dan Anies Saling Klaim Program KerjaMuhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Tudingan Anies tersebut dijawab dengan canda tawa oleh Ahok. Dia tertawa saat berkomentar mengenai program Kartu Jakarta Lansia (KJL ) yang menyerupai program Anies Baswedan. Dia pun mengatakan tidak masalah apabila programnya tersebut dituding sebagai hasil contekan.

Ahok bahkan bercanda mana ada program Ahok-Djarot yang benar-benar orisinil. Tetapi, Ahok memberikan penegasan bahwa masalah ini seharusnya tidak perlu diperdebatkan. Dia mengatakan warga Jakarta saat ini lebih tau mana program yang berasal dari miliknya dan mana yang milik orang lain.

Baca Juga: Ahok Diprediksi Kalah Telak Jika Pilkada DKI Dilakukan 2 Putaran. 

Ahok mengatakan program ini sudah digulirkannya sejak periode lalu.

Ketika Ahok dan Anies Saling Klaim Program KerjaReno Esnir/ANTARA FOTO

Pergerakan program Ahok yang cukup cepat menjadikannya seolah mendahului program yang sudah diusung oleh calon lainnya. Dugaan mencontek program Anies dibantah oleh Ahok. Dia mengatakan bahwa pasangan Anies-Sandiaga gemar mengkalim bahwa program miliknya adalah hasil jiplakan.

Ahok sebelumnya berjanji akan mewacanakan program Kartu Jakarta Lansia (KJL) apabila terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta periode kedua. Ahok memperkirakan akan memberikan bantuan sebesar 600 ribu rupiah untuk kaum lansia.  Ahok sendiri mengklaim bahwa program ini sudah digulirkannya pada periode lalu.

Baca Juga: Bagaimana Jadinya Kalau Ahok Menang Pilkada, Tapi Divonis Bersalah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya