Keluhan Tidak Direspon Perusahaan, Ratusan Driver GO-JEK di Jakarta Demo Lagi!

Pengemudi GO-JEK menuntut keadilan

Ratusan pengemudi GO-JEK akan berdemonstrasi hari ini. Imbas dari rencana aksi tersebut membuat beberapa konsumen telantar.

Keluhan Tidak Direspon Perusahaan, Ratusan Driver GO-JEK di Jakarta Demo Lagi!smeaker.com

Dilansir Kompas.com, (3/10), sejumlah konsumen mengungkapkan bahwa dirinya biasanya langsung mendapatkan GO-JEK. Namun kini para driver layanan berbasis online ini sangat susah ditemui. Hal ini membuat konsumen mau tidak mau harus bersabar untuk mendapatkan ojek yang dipesannya itu.

Namun, tidak semua GO-JEK melakukan demo. Salah satu pengemudi GO-JEK menuturkan dirinya memilih untuk bekerja seperti biasa ketimbang berdemo. Dia juga menuturkan, peraturan yang diterapkan manajemen saat ini dinilai cukup memberatkan para pengemudi untuk mencapai bonus.

Baca Juga: Syarat Menjadi Anggota KPK: Tidak Boleh Punya Hubungan Darah dengan Koruptor, Adilkah?

Apa alasan GO-JEK menggelar demo?

Keluhan Tidak Direspon Perusahaan, Ratusan Driver GO-JEK di Jakarta Demo Lagi!Oik Yusuf/Kompas.com via TribunNews.com

Koordinator aksi damai GO-JEK Jakarta Timur, Risky PW, mengungkapkan alasan para driver GO-JEK menggelar demo hari ini. Menurut Risky (35), pengemudi GO-JEK menggelar aksi damai karena tidak puas dengan peraturan dari PT GO-JEK yang dinilai terlalu semena-mena dan tidak terbuka terhadap driver, khususnya peraturan yang menyangkut bonus.

Menurutnya, penghitungannya tidak jelas dan hanya permainan saja. Menurutnya permainan tersebut malah membuat GO-JEK tidak mungkin bisa mendapat bonus. Bahkan para driver merasa dianggap mitra yang tidak perlu ikut campur soal penetapan peraturan tersebut.

Harapan mereka adalah PT GO-JEK mengabulkan tuntutan para pengemudi agar melibatkan driver dalam pembuatan aturan, termasuk pembahasan soal peraihan bonus.

Keluhan Tidak Direspon Perusahaan, Ratusan Driver GO-JEK di Jakarta Demo Lagi!Achmad Faisal/Kompas.com

Hal ini yang membuat para pengendara GO-JEK kembali melakukan aksi turun ke jalan guna menentang beberapa kebijaksanaan perusahaan yang saat ini berlaku. Dalam aksi kali ini, sekitar 200 pendemo diperkirakan akan turun ke jalan.

PT GO-JEK tidak merespon terhadap keluhan driver.

Keluhan Tidak Direspon Perusahaan, Ratusan Driver GO-JEK di Jakarta Demo Lagi!Akhdin Martin Pratama/Kompas.com

Sebelumnya, dalam undangan demo yang disebut “Aksi Damai” oleh para pengendara GO-JEK, dijelaskan bahwa demo ini merupakan tanggapan pada pengendara atas sikap PT GO-JEK yang diklaim tidak responsif terhadap keluhan para driver GO-JEK. Selain itu, beberapa kebijakan dianggap memberatkan para pasukan GO-JEK.

Aksi demo digelar di kantor GO-JEK yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Selain itu, para pendemo juga direncanakan akan beranjak ke Gedung DPR/MPR untuk bertemu dengan Komisi V DPR. Adapun jumlah personil kepolisian yang disiapkan untuk mengawal keamanan demo kali ini berjumlah sekitar 300 orang.

Sebelumnya, keputusan penurunan tarif per km oleh GO-JEK menjadi 2.000 rupiah menuai aksi protes dari para driver. Salah satu driver menuturkan penurunan tarif tersebut membuat penghasilan per harinya ikut merosot.

Gelombang aksi protes driver GO-JEK juga menular ke Semarang. Sama seperti aksi-aksi demo GO-JEK di daerah lain, unjuk rasa di Semarang tersebut juga dilakukan untuk memprotes kebijakan perusahaan yang memangkas bonus mereka.

Baca Juga: Pakai Tusuk Gigi dan Sendok, Dokter Ini Sukses Selamatkan Nyawa Penumpang!

Topik:

Berita Terkini Lainnya