Kalah Pilkada DKI, Demokrat Merapat ke Kubu Anies?

Mau bergabung kalau sejalan visi-misinya.

Adakah rencana Demokrat untuk berkoalisi dengan Anies Baswedan-Sandiaga usai kekalahan dalam Pilkada DKI 2017 kemarin? Hal tersebut nampaknya tidak mustahil karena partai pengusung Anies-Sandi telah menawarkan diri untuk berkoalisi dalam Pilkada DKI putaran kedua.

Seperti diketahui, kandidat yang didukung Demokrat dalam Pilkada DKI, Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni kalah telak. Dalam berbagai hitung cepat, suara mereka tak sampai 20 persen. 

Kalah Pilkada DKI, Demokrat Merapat ke Kubu Anies?IDN Times

Dikutip Tempo.co, (16/2), Ketua tim pemenangan pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi), Nachrowi Ramli tidak mau tergesa-gesa mengambil keputusan dan memilih untuk mempelajari visi-misi dari dua pasangan calon lebih dahulu.

Setelah itu barulah akan diambil keputusan apakah akan tetap berkoalisi atau tidak. Dia juga menambahkan bahwa untuk bisa berkoalis dengan partai pengusung Agus-Sylvi maka visi-misi pasangan Anies-Sandi juga harus sejalan dengan Demokrat.

Kubu Anies bergerak cepat mencari dukungan.

Kalah Pilkada DKI, Demokrat Merapat ke Kubu Anies?IDN Times

Demokrat juga mengaku tidak akan membedah visi dan misi Anies sendirian. Mereka berencana mengajak tiga partai lain yang juga mendukung pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni yaitu PPP, PKB dan PAN. 

Sebaliknya, Anies Baswedan juga mengatakan telah menjalin komunikasi dengan partai-partai pengusung pasangan Agus-Sylvi penghitungan suara secara dilakukan. Anies, yakin bahwa ada kesepahaman dari kubu mereka yang menginginkan perubahan di Jakarta. Kubu PKS dan Gerindra juga tengah melakukan komunikasi yang intensif dengan PAN dan Demokrat. Meski sedang mempertimbangkan untuk merapat ke kubu Anies, namun Demokrat tak menutup kemungkinan menerima tawaran dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Syaiful Hidayat.

Baca Juga: Tak Terduga, Agus, Sandiaga dan Djarot Kalah di TPS Masing-masing. 

Bergabung untuk mengalahkan calon petahana Ahok.

Kalah Pilkada DKI, Demokrat Merapat ke Kubu Anies?IDN Times

Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan bersaing dengan Ahok-Djarot di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017. Kepala Bidang Politik Hukum dan Keamanan PKS, Al-Muzzammil Yusuf juga mengaku telah cepat mengajak partai lain yang juga mendukung Agus-Sylvi untuk beralih ke Anies.

Muzzammil mengatakan bahwa Anies menemukan gambaran bahwa warga ingin adanya gubernur baru. Oleh karena itu, semua kalangan harus bersatu mendukung Anies-Sandi yang akan masuk putaran kedua melawan Ahok-Djarot.

Baca Juga: Sempat Hitung Ulang, Ahok-Djarot Unggul di TPS Rizieq Syihab. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya