Kabar Gembira Buat Anak Muda: Yamaha Rilis Motor 6 Juta Rupiah!

Apakah bakal laris di Indonesia?

Kini perusahaan otomotif, Yamaha mengembangkan motor baru dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan uang 6 juta rupiah, sebuah motor bisa didapatkan. Namun sayang, motor ini baru diproduksi di India. 

Proyek pembuatan motor murah ini dinamai dengan INDRA atau Innovative and New Development based on Responsible Analysis. Tujuannya menghasilkan kendaraan roda dua yang sangat terjangkau. Tim research and development India juga diarahkan guna merangkai semua rencana agar produk baru tersebut bisa dilahirkan. Yamaha kemudian mengeluarkan produk terbaru mereka yang dijual dengan harga 30.000 rupee.

Kabar Gembira Buat Anak Muda: Yamaha Rilis Motor 6 Juta Rupiah!Sumber gambar: archive.indianexpress.com

Mengenai spesifikasi dari motor Yamaha tersebut pun juga masih belum terungkap. Banyak spekulasi yang berkembang bahwa motor tersebut akan menggunakan mesin 4-tak dengan 100cc - 110cc berpendingin udara. Sayangnya, harga jual yang murah maka sejumlah perlengkapan seperti rem cakram, velg alloy dan starter elektrik pun juga ditiadakan.  

Baca Juga: Punya Motor Sendiri Bukan Lagi Mimpi, Praktikkan Saja 7 Tips dan Trik Ini!

Kabar Gembira Buat Anak Muda: Yamaha Rilis Motor 6 Juta Rupiah!Sumber gambar: bharathautos.com

Motor ini  kemungkinan akan dipamerkan dalam pameran akbar otomotif Auto Expo 2016. Motor super murah ini kemungkinan besar tidak hanya untuk India saja, namun juga untuk diekspor ke sejumlah negara yang ada di Afrika Selatan.

Jika motor ini dijual di Indonesia, apakah akan diterima masyarakat?

Kabar Gembira Buat Anak Muda: Yamaha Rilis Motor 6 Juta Rupiah!Sumber gambar: voaindonesia.com

Asisten General Manager Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur menegaskan bahwa pasar India dan Indonesia itu sangat berbeda. Hal ini bisa dilihat dari karakter dan selera konsumen yang juga bagaikan bumi dan langit. Konsumen di Indonesia dinilai banyak yang trauma dengan harga murah namun kualitasnya ternyata jauh dari ekspektasi atau harapan.

Jika menilik kebelakang sebelumnya juga ada motor murah keluaran Tiongkok dengan harga kompetitif. Namun, kelanjutannya bagaimana?

Kabar Gembira Buat Anak Muda: Yamaha Rilis Motor 6 Juta Rupiah!Sumber gambar: ekonomi.metrotvnews.com

Tidak selalu motor yang murah akan terus laris di Indonesia. Mengatur harga pasar memang penting bagi produsen, namun performa dan kualitas sepeda motor tersebut juga harus disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Bisa saja Yamaha mengeluarkan motor yang murah untuk konsumen, akan tetapi belum tentu bisa memenuhi spesifikasi yang diharapkan oleh konsumen. Menurutnya, jika Yamaha akan mengeluarkan produk tak berkualitas, maka hal ini akan hancurkan kondisi yang sekarang sedang dibangun oleh Yamaha.

Baca Juga: Ngaku Deh, Kamu yang Pengendara Motor Pasti Mengalami 21 Nasib Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya