Jokowi Larang Para Menteri Tinggalkan Jakarta Sepekan Ini, Kenapa?

Belum ada pihak Istana yang bersedia dikonfirmasi

Presiden Joko Widodo meminta kepada para menteri untuk tetap di Jakarta pekan ini, mulai terhitung mulai tanggal 25 - 29 Juli. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa imbauan tersebut dibuat karena Presiden akan mengumpulkan seluruh menteri dalam sidang kabinet paripurna dalam waktu dekat.

Dilansir Kompas.com, sebelumnya juga telah beredar imbauan melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dari Pratikno. Melalui pesan tersebut, Pratikno menyampaikan imbauan dari Presiden untuk para menteri agar tidak melakukan kunjungan luar kota pekan ini karena ada rapat yang wajib dihadiri.

Jokowi Larang Para Menteri Tinggalkan Jakarta Sepekan Ini, Kenapa?metrotvnews.com

Presiden memang rutin menggelar sidang kabinet paripurna setiap bulan. Biasanya, rapat yang dihadiri seluruh menteri dan pimpinan lembaga tersebut digelar tiap pekan pertama. Lantaran merupakan agenda rutin, tidak pernah ada imbauan sebelumnya agar menteri tak pergi ke luar kota selama satu pekan penuh. Oleh karenanya, imbauan dari Presiden Jokowi kali ini dipersepsikan banyak pihak sebagai sinyal bakal adanya perombakan kabinet jilid dua.

Jokowi Larang Para Menteri Tinggalkan Jakarta Sepekan Ini, Kenapa?setkab.go.id

Pratikno menyebut bahwa hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Adanya imbauan jelang sidang kabinet paripurna karena Presiden ingin semua menteri dapat hadir untuk berpartisipasi. Sidang kabinet paripurna sendiri biasanya bersifat umum. Menurut Pratikno, dalam sidang kabinet paripurna nanti, Presiden akan membahas sejumlah isu strategis yang ada di tiap kementerian. Dia membantah bahwa sidang tersebut akan beragendakan evaluasi kinerja menteri.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah: 10 Hal yang Berhasil Dilakukan oleh Jokowi Sebagai Presiden!

Banyak yang merasa kaget dengan imbauan ini.  

Jokowi Larang Para Menteri Tinggalkan Jakarta Sepekan Ini, Kenapa?mirajnews.com

Banyak yang kaget karena tidak biasanya beberapa hari jelang rapat kabinet paripurna, ada edaran agar para menteri tidak melakukan dinas luar kota pada tanggal 26 - 29 Juli 2016. Rapat kabinet paripurna biasanya rutin dilakukan tiap bulan dan tidak juga harus diumumkan melalui edaran agar tidak ke luar Jakarta.

Berikut isi pesan tersebut.

Yth. ADC/Protokol Menteri Kabinet Kerja.

Mohon bantuan menyampaikan pesan dari Mensesneg kepada Menteri masing-masing.

Bapak Ibu Kabinet Kerja yth,

Menindak lanjuti arahan Bp Presiden, dimohon Bapak Ibu tidak meninggalkan Jakarta minggu ini (tgl 25 sd 29 Juli 2016) dikarenakan akan diselenggarakan Sidang Paripurna Kabinet dan diwajibkan utk hadir semua.

Atas perhatiannya disampaikan banyak terima kasih.

Pratikno

Jokowi Larang Para Menteri Tinggalkan Jakarta Sepekan Ini, Kenapa?beritasatu.com

Apakah ini merupakan sinyal mengenai perombakan kabinet kembali berembus dari Istana Kepresidenan? Belum ada seorang pun pihak Istana yang bersedia dikonfirmasi terkait kabar tersebut.

Di tempat lain, Menteri Perindustrian Saleh Husin membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, larangan itu merupakan hal yang biasa-biasa saja, bukan hal luar biasa.

Hingga saat ini, memang belum ada kepastian mengenai perombakan Kabinet Kerja. Wacana mengenai perombakan kabinet sendiri muncul setelah Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional beralih dan kini menjadi partai pendukung pemerintah.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Rapat Paripurna, Paket Kebijakan Ekonomi Akan Dibahas. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya