Berusia Seabad Lebih, Nenek Ini Jadi Jamaah Haji Tertua

Tetap bugar usai menempuh 12 jam perjalanan udara

Nama Nenek Bay Meriah, mendadak viral. Wanita yang telah berhasil mendarat di tanah suci ini menjadi jemaah tertua asal Indonesia. Di usianya yang sudah memasuki 104 tahun, nenek asal Lombok ini harus menempuh perjalanan sekitar 12 jam di atas udara.

Dikutip dari Liputan6.com, Meriah menginjakkan kaki di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, Ahad (27/8). Nenek ini masih terlihat sehat dan bugar di atas kursi roda miliknya. Kedetangan nenek Bay disambut hangat oleh Konjen RI Jeddah, pejabat terkait, serta sejumlah awak media Arab Saudi yang berniat meliput berita tentang dirinya.

Kasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Mekah, Eko Dwi Irianto menjelaskan bahwa nenek Bay menjadi primadona dari total 203.065 jemaah yang telah tiba di tanah suci.

Baca juga: Nabung 27 Tahun, Kakek Penjahit Ini Akhirnya Bisa Haji

Nenek Bay sangat senang akhirnya bisa berangkat haji.

Berusia Seabad Lebih, Nenek Ini Jadi Jamaah Haji Tertuahaji.kemenag.go.id via Rappler.comWanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat ini mengaku senang akhirnya bisa menunaikan rukun islam yang kelima. Selama di pesawat, sang nenek juga mengaku sangat menikmati perjalanannya. Wanita bernama lengkap Mariah Margani Muhammad binti Abdul Gani ini bercerita bahwa dia telah mendaftar haji sejak delapan tahun lalu. Kepada wartawan, nenek kelahiran 1 Juli 1913 ini mengaku ingin segera ke Masjidil Haram untuk melihat Kabah. Namun, dia harus beristirahat terlebih dahulu di pemondokan.

Nenek Bay didampingi oleh tetangganya.

Berusia Seabad Lebih, Nenek Ini Jadi Jamaah Haji Tertuagoaceh.co

Nenek ini tidak ke tanah suci sendirian, dia didampingi dua orang tetangganya. Salah satu tetangganya, Rahmi (53) bercerita bahwa nenek Bay cukup sehat selama dalam perjalanan. Namun, si nenek mengaku tidak selera makan nasi saat berada di pesawat tersebut. Jadi selama perjalanan dia hanya mengkonsumsi kue dan jus. Rahmi mengaku menjadi salah satu orang yang ditunjuk untuk bertanggungjawab penuh mengurusi semua kebutuhan sang nenek.

Baca juga: Hanya Bergaji Rp 350 Ribu, Kakek Ini Bisa Berangkat Haji

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya