Jelang Debat Pilkada Ini Persiapan Ahok, Agus dan Anies!

Keiga pasangan calon dipastikan akan saling serang

Jelang Debat Pilkada Ini Persiapan Ahok, Agus dan Anies!Hafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Line IDN Times

Debat resmi kandidat Pilkada yang dilakukan oleh KPU DKI akan digelar pada tanggal 13 Januari 2017 di Hotel Borobudur. Ketiga pasangan pun mengaku sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi debat tersebut. Debat ini tentu akan menarik karena pasangan Agus Harimurti dan Sylviana Murni yang dua kali absen dalam debat, memastikan akan hadir.

Ahok berharap "mulut comberannya" tidak keluar.

antarafoto-ahok-kunjungi-semper-barat-020116-hma-1-85c66e6422d9cd7fc95bf19e68f861f2.jpgHafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Permintaan Ahok tersebut cukup wajar. Seperti dikutip Tempo.co, (6/1) dia yakin rivalnya akan menyerang karakternya yang meledak-ledak. Ahok berharap dapat menahan dirinya agar tidak terpancing dengan pernyataan yang menyinggung karakternya. Bahkan, Ahok juga minta didoakan agar "mulut comberannya" tidak keluar saat debat. Istilah mulut comberan merujuk pada cara bicara Ahok yang kerap ceplas-ceplos.

Sebelumnya, pasangan calon gubernur sudah pernah mengikuti debat kandidat yang dilaksanakan oleh dua televisi swasta. Namun pasangan yang hadir hanya Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga. Sementara pasangan Agus-Sylvi absen di dua acara debat kandidat tersebut.

antarafoto-contoh-surat-suara-untuk-penyandang-disabilitas-kpu-pusat-040117-rn-3-39b81ab92b1b68a125a67ab637e09e5b.jpgReno Esnir/ANTARA FOTO

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI rencananya akan menggelar Debat Kandidat pertama tanggal 13 Januari. Debat selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari dan 10 Februari. Debat ini akan disiarkan secara live di sejumlah stasiun televisi nasional.

Anies Baswedan: debat kandidat tidak bisa disamakan dengan ujian. 

antarafoto-janji-calon-gubernur-anis-baswedan-050117-agr-04-a013585d2cb1687b4fb7081d83c2c6c4.jpgM. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Adapun calon gubernur DKI nomor urut tiga, Anies Baswedan menanggapi santai debat resmi tersebut. Dia bahkan mengaku tidak memiliki persiapan khusus. Sebaliknya, dia tidak sepakat jika debat dianggap sebagai sebuah ujian. Menurut Anies, debat tak bisa disamakan dengan ujian karena para kandidat tidak tahu materi pertanyaan apa yang akan diajukan. Pernyataan Anies ini seolah menyindir rivalnya, Agus Harimurti yang menganggap debat sebagai sebuah ujian.

Dia berharap tidak ada satupun pihak yang membocorkan pertanyaan yang akan diajukan dalam debat nanti. Sebab, kata Anies, ajang debat akan menjadi pembuktian bagi para calon. 

Baca: Bertemu dalam Debat, Anies dan Ahok "Perang" Sindiran

Agus Yudhoyono: semua kandidat punya keunikannya masing-masing.

antarafoto-kampanye-agus-yudhoyono-050117-ak-3-da1d00eb01a6d28d986b0a714d8348a4.jpgAkbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono berpendapat bahwa setiap pasangan cagub-cawagub yang akan dihadapinya pada debat kandidat nanti memiliki kemampuan yang sama. Selain itu, dia menilai bahwa ketiga calon juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Meskipun dua kali absen dalam debat yang diakukan oleh stasiun televisi, namun Agus kali ini mengaku siap menghadiri debat resmi KPU. Bahkan, dia mengaku sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan mendengar berbagai aspirasi dari warga Jakarta yang ditemuinya saat blusukan.

Baca juga: Didemo Puluhan Ribu Orang, Ahok Tak Mundur dari Pilkada

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI