Jadi Ladang Basah Para Koruptor, Apa Kabar Proyek Hambalang Sekarang?

Dibiarkan mangkrak bertahun-tahun

Siapa yang tak tahu proyek Hambalang? Proyek Hambalang tergolong kontroversial karena banyak para penggarapnya yang justru berakhir jadi tersangka korupsi. Proyek ini jadi ladang basah untuk beberapa oknum.

Lama tak terdengar kabarnya, Presiden Jokowi mencoba menengok kembali proyek Hambalang. Jokowi berencana untuk menyelamatkan proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat tersebut. Jokowi datang langsung ke Hambalang untuk melihat kondisi bangunan. Namun, Jokowi menyayangkan proyek triliunan rupiah tersebut sampai sekarang masih dibiarkan tak terawat.

Jadi Ladang Basah Para Koruptor, Apa Kabar Proyek Hambalang Sekarang?

Bangunan ini sudah dibiarkan terbengkalai sejak tahun 2012 lalu. Jokowi juga menambahkan kondisi bangunan proyek tersebut sudah tidak layak untuk digunakan sebagai pusat sarana olahraga. Kontur tanahnya masih labil dan struktur bangunannya pun juga sangat memprihatinkan. Konstruksi bangunan dibiarkan berlumut dan berantakan. Lantai-lantainya pun terlihat rusak. Rumput-rumput di sekitar bangunan juga banyak yang dibiarkan tumbuh panjang. Kondisi bangunan Wisma Atlet Hambalang ini masih sangat memprihatinkan.

Baca Juga: Dampak Buruk Pembekuan PSSI oleh Kemenpora.

Imam Nahwari ingin lanjutkan proyek Hambalang.

Jadi Ladang Basah Para Koruptor, Apa Kabar Proyek Hambalang Sekarang?

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan akan melanjutkan proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di bukit Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat sebelum Indonesia Asian Games 2018 digelar. Penetapan kelanjutan proyek Hambalang akan dilakukan setelah menerima kajian kelayakan anggaran dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Kelanjutan proyek P3SON Hambalang diharapkan akan berlangsung dalam waktu yang cepat menyusul biaya besar untuk pengamanan dan perawatan lokasi proyek.

Siapa saja yang terlibat dalam kasus Hambalang?

Jadi Ladang Basah Para Koruptor, Apa Kabar Proyek Hambalang Sekarang?

Tepatnya tiga tahun lalu, Andi Mallarangeng dinyatakan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus pembangunan sarana olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Andi divonis pidana penjara empat tahun dan denda 200 juta Rupiah. Jaksa penuntut umum KPK menyebut Andi telah menerima suap sebesar 4 miliar rupiah dan 550.000 dolar AS yang diberikan secara bertahap lewat adik kandungnya, Choel Mallarangeng.

Komisi pemberantasan korupsi, KPK kemudian juga menetapkan adik mantan Menteri pemuda dan olah raga Andi Mallarangeng, Choel Mallarangeng sebagai tersangka dugaan korupsi proyek pembangunan prasarana olah raga di Hambalang, Jabar. Atas perbuatannya tersebut Choel disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana. Tak hanya dia saja, mantan Putri Indonesia yang sekaligus politisi Angelina Sondakh juga jadi tersangka korupsi dalam proyek ini.

Baca Juga: Menpora Minta Gaji PNS Dikurangi untuk Talangi Rio Haryanto.

Topik:

Berita Terkini Lainnya